16 Film Tentang Dunia Kepenulisan

  • Whatsapp
16 Film Tentang Dunia Kepenulisan

Kamu hobi baca buku? Atau bahkan menulis, mungkin? Penasaran gak sih bagaimana kehidupan seorang penulis, tentang pencarian ide, lika-liku hidupnya di luar dunia kepenulisan, sulitnya ketika menghdapai writers block, atau proses kreatif seorang penulis saat sedang mengerjakan sebuah karya?

Ada banyak sebenarnya film yang mengangkat tema seorang penulis di dunia ini. Tidak cuma berdasarkan kisah seorang penulis seperti film Capote atau Neruda, ada juga beberapa film fiksi yang secara khusus mengangkat tema tentang dunia kepenulisan seperti Following-nya Nolan.

Read More

Penasaran?

Ini dia 16 film bertema penulis yang wajib banget bagi pecinta literasi tonton:

 

The Hours

Diangkat dari kisah nyata seorang penulis terkenal yang berasal dari Inggris, Virginia Woolf.

Dalam film yang dirilis pada tahun 2002 ini, ada tiga orang wanita dari generasi yang berbeda saling terhubung melalui sebuah novel Mrs. Dalloway: ada Virgininia Woolf, Clarissa Vaughan, dan Laura Brown. Dikisahkan, Virginia Woolf mengalami depresi saat menulis novelnya, Clarissa Vaughan tengah menyiapkan pesta untuk pengidap AIDS, dan Laura Brown yang tengah hamil dan tidak bahagia dengan pernikannya.

 

Rebel in the Rye

Film ini rilis pada tahun 2017. Bercerita tentang pergolakan batin dan proses kreatif J.D. Salinger dalam menulis cerpen dan novelnya yang mashur The Catcher in the Rye.

 

The Word

Film ini rilis pada tahun 2012. Berkisah tentang Rory Jansen, seorang penulis yang bercita-cita menjadi penulis. Ia bekerja sebagai pengawas surat di sebuah agensi sastra, dan berupaya menjual novel pertamanya, yang berulang kali ditolak oleh penerbit.

Suatu waktu, bersama pasangannya, ia berbulan madu di Paris. Dora, istrinya, membelikan Rory sebuah koper tua yang ia kagumi di toko barang antik. Di dalam koper itu Rory menemukan sebuah manuskrip tua yang ditulis dengan sangat bagus dengan tokoh sentral bernama Jack.

Rory mengetikkan manuskrip ke laptopnya untuk mengetahui bagaimana rasanya menulis sesuatu yang benar-benar hebat, walaupun itu hanya pura-pura.

Belakangan, saat menggunakan laptop, Dora membaca novel dan membacanya. Dia keliru berasumsi bahwa Rory menulis novel dan meyakinkannya untuk menerbitkan. Rory mengiyakan. Setelah beberapa bulan buku itu terbit dan laku keras, ia pun bertemu dengan pengarang aslinya.

 

Colette

Film tahun 2018 ini bercerita tentang seorang penulis muda wanita yang ditekan dan dimanipulasi oleh suaminya untuk menulis novel atas nama sang suami. Ketika novelnya sukses, ia pun memberontak dan berjuang mati-matian untuk mendapatkan haknya atas karya tersebut.

Film ini merupakan bentuk perjuangan emansipasi wanita yang di masa itu masih dianggap tabu.

 

Finding Foresster

Film yang berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat ini dirilis pada tahun 2000. Mengangkat tema seorang penulis, film ini bercerita tentang seorang remaja Amerika-Afrika bernama Jamal Wallace yang berkeinginan menjadi penulis.

Pada suatu kesempatan, dirinya bertemu dengan seorang penulis terkenal yang sudah lama menghilang. Ketika bertemu dengan penulis ini, barulah kemampuan Jamal menulis semakin membaik

 

Midnight in Paris

Berlokasi di Paris, film yang tayang pada tahun 2011 ini bergenre komedi fantasi.

Midnight in Paris bercerita tentang seorang penulis naskah yang memiliki kesempatan untuk kembali ke masa lalu. Saat kembali ke masa lalu ini, penulis tersebut bertemu dengan penulis terkenal seperti Marion Zelda Fitzgerald, Ernest Hemingway, Scott Fitzgerald.

 

Capote

Disutradarai oleh Bennet Miller, film yang rilis pada tahun 2005 ini diangkat dari kisah nyata Truman Capote, penulis terkenal Amerika Serikat.

Film ini bercerita tentang  Truman Capote yang sedang melakukan penyelidikan untuk menulis novel terkenalnya In Cold Blood. Novelnya sendiri bercerita tentang sebuah pembunuhan yang menimpa satu keluarga di Kota Kansas. In Cold Blood  akhirnya menjadi salah satu buku yang melambungkan Truman Capote.

 

The Wild Pear Tree

Film yang rilis pada tahun 2016 ini berkisah tentang Sinan baru saja lulus kuliah dan kembali ke kampung halamannya di Canakkale, Turki. Ia kemudian bertekad menyelesaikan sebuah buku memoar yang terinspirasi dari observasi dan pengalamannya selama berada di desa tempat asalnya itu. Alurnya cukup lambat, tetapi dihiasi lanskap pedesaan Turki yang berubah musim. Hingga di tengah cerita, kita akan diajak menyelami berbagai hal yang mendorong Sinan untuk menulis.

 

Ruby Sparks

Rilis pada tahun 2012, film ini bercerita tentang seorang penulis muda bernama Calvin Weir-Fields yang sedang berjuang menghdapi writers block pasca kesuksesan novel perdananya.

Di sela waktunya, Calvin iseng menuliskan dengan mesin ketik manualnya tentang sosok Ruby, cewek yang pernah ia temui di mimpinya.

Semuanya berubah saat keesokan harinya, karakter cewek fiktif yang ia ciptakan tersebut berubah jadi sosok yang nyata. Dari situlah narasi film ini berjalan dengan menarik dan unik.

 

The Help

Disutradarai oleh Tate Taylor, film tahun 2011 ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya kathryn Stockett dengan latar waktu tahun 1960-an di Amerika Serikat.

Dalam film ini diceritakan bagaimana sang tokoh utama yang berprofesi sebagai penulis kolom majalah, memutuskan untuk menulis sebuah buku yang pada kala itu dianggap kontroversial– buku yang mengambil sudut pandang para asisten rumah tangga berkulit hitam di masa itu dengan tujuan untuk mengungkap adanya rasisme yang harus mereka hadapi ketika bekerja untuk keluarga kulit putih.

 

The End of the Tour

Film yang dirilis pada 2015 silam ini adalah sebuah film yang menceritakan David Foster Wallace. Penulis legendaris asal Amerika yang sudah menelurkan sejumlah karya fiksi dan non fiksi. Pada film ini, sosok penulis kelahiran 21 Februari 1962 itu diperankan dengan apik oleh Jasen Seagel.

 

Following

Film debut Christopher Nolan yang rilis pada tahun 1998 ini berkisah tentang seorang penulis eksentrik bernama Bill. Penulis yang diperankan oleh Jeremy Theobald ini selalu mencari inspirasi menulis dengan menguntit orang-orang tak dikenal. Kebiasannya yang eksentrik itu kelak akan mempertemukannya dengan maling eksentrik yang nantinya bakal jadi tangan kanannya Bill.

 

Factotum

Film yang dirilis pada 2005 ini bercerita tentang kehidupan Hank Chinaski. Chinaski merupakan sosok alter ego dari penulis legendaris Amerika, Charles Bukowski. Pada film ini, Chinaski yang diperankan Matt Dillon digambarkan sebagai sosok yang urakan dan nyentrik.

Film ini diawali dengan kisah Chinaski yang menggelandang dan mencari kerja di Los Angeles. Dia rela melakukan pekerjaan apa pun, selama tidak mengganggu kegiatan menulis yang sudah dia lakoni sejak lama. Film garapan Bent Hamer ini juga menggambarkan beberapa kebiasaan buruk Chinaski. Seperti: berjudi, minum-minuman keras, dan mengencani sejumlah wanita.

 

Pod mocnym aniolem 

Film ini rilis pada tahun 2014. Bercerita tentang Bukowski dan Nabokov yang terkenal sebagai penulis yang juga alkoholik. Film Polandia ini juga menyorot penulis serupa. Sebagai pengunjung yang sering mengunjungi pusat rehab, dia bertemu dengan sesama pecandu dari semua lapisan masyarakat dan latar belakang sosial.

 

Genius

Rilis pada tahun 2016, film ini berdasarkan biografi “Max Perkins: Editor Genius”. Sebuah film cukup asyik tentang persahabatan yang kompleks dan hubungan profesional transformatif antara editor buku terkenal Maxwell Perkins dan raksasa sastra Thomas Wolfe yang berumur pendek. Perkins sendiri adalah editor yang membidani Ernest Hemingway dan F. Scott Fitzgerald.

 

Neruda

Film ini bercerita tentang Gael Garcia Bernal, seorang inspektur, yang bertugas memburu Pablo Neruda. Film tahun 2016 ini menampilkan bagaimana sang inspektur dan Neruda harus main kucing-kucingan. Tapi entah siapa yang jadi kucingnya. Neruda sendiri adalah seorang komunis romantis, penyair Chile berpengaruh yang memenangkan Hadiah Nobel, teman dari Pablo Picasso yang harus jadi buronan di negara sendiri karena pandangan politiknya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *