4 Resep Masakan Daging Ini Bisa Kamu Coba Saat Idul Adha

  • Whatsapp
Masakan Daging Idul Adha

Idul Adha Kali ini Mau Masak Daging Apa Ya? Tak terasa Hari Raya idul adha atau kurban kembali datang menghampiri kita. Salah satu dari banyaknya khas atau moment di hari raya tersebut adalah berbagi daging, baik itu sapi atau pun kambing. Ya,  kedua daging tersebut selalu menjadi khas di hari raya umat muslim.

Bosan dengan menu sate atau gulai di hari raya Idul adha? Coba kreasikan menu dengan beberapa resep daging sapi dan kambing berikut ini.

Read More

Idul adha selalu menjadi momen berkumpul bersama keluarga dengan menikmati menu masakan berbahan daging sapi dan kambing. Biasanya, daging akan diolah menjadi sate atau gulai.

Sebenarnya ada banyak pilihan menu berbahan daging yang bisa kamu kreasikan, Biar enggak melulu dimasak sate atau gulai, coba beberapa menu berikut:

Semur Daging

Semur tidak hanya dikenal sebagai makanan rumahan dengan citarasa manis dan gurih. Ternyata proses memasaknya juga sehat. Agar Mantap, Resep memasak semur daging sapi dan kambing ini harus dimasak agak lama bersama bumbu-bumbu tradisional Indonesia, ini dilakukam agar bumbu tersebut meresap dengan baik ke proteinnya. Gaya masak seperti ini juga memungkinkan kita menghindari penggunaan minyak secara berlebihan.

Agar bumbu semur daging meresap dengan baik, maka pemilihan daging sapi atau kambing juga haruslah tepat. Meskipun daging has dalam tidak ada lemak, justru bumbu sulit untuk bisa meresap secara maksimal. Disarankan untuk memilih daging dari bagian paha atau sebaiknya has luar yang dikenal dengan daging sirloin. Selain itu, daging bagian sirloin ini memang biasanya memiliki karakter rasa yang lebih sedap dan juicy.

Daging Sapi Teriyaki

Di Indonesia makanan ini lebih populer sebagai olahan daging yang ditumis dengan bumbu kecap manis, bawang bombay, dan rempah-rempah. Jenis masakan ini dipopulerkan oleh kedai-kedai makanan cepat saji Jepang yang populer di tanah air.

Kata teri berarti berkilau, sementara yaki berarti digoreng atau dipanggang. Jadi daging harus dimasak sampai warnanya berkilauan karena saus terkaramelisasi.

Sebenarnya yang dimaksud teriyaki adalah teknik memasak di mana bahan makanan ditumis atau dipanggang di penggorengan bersama saus yang terdiri dari campuran kecap, mirin, dan gula atau madu.

Tongseng Sapi dan Kambing

Hidangan yang biasanya dibuat dengan daging sapi dan kambing ini selalu berhasil memikat hati masyarakat. Menyantapnya saat udara dingin benar-benar sangat menyenangkan. Supnya yang hangat sanggup membuat siapapun bahagia. Namun, pecinta tongsent terbagi dua, kambing dan sapi, mana yang menurutmu lebih menggiurkan?

Cara mengolahnya terbilang mudah, ini dia;

  • Siapkan daging yang telah dibersihkan.
  • Masak air kemudian masukkan daging, setelah matang potong kotak.
  • Haluskan bumbu, lalu tumis hingga halus.
  • Tambahkan daun salam, lengkuas dan serai.
  • Masukkan daging jika bumbu telah matang dan harum.
  • Tuangkan santan, aduk kembali hingga santan meresap dan mendidih.

Oseng Mercon

Oseng-oseng daging sapi adalah salah satu makanan yang banyak ditemui jika kamu berkunjung ke Yogyakarta. Disajikan di kantin sederhana hingga restoran, makanan ini digemari baik warga lokal maupun turis.

Bahkan menu ini sedang naik daun karena diolah dengan cabai rawit hingga memberikan kepedasan yang luar biasa. Karena rasa pedas ini, resep ini sekarang dikenal dengan sebutan oseng mercon. Mumpung Idul adha kali ini kamu dapat jatah daging, Gak ada salahnya tuh memcoba resep yang satu ini.

Sangat di sarankan untuk menggunakan daging sapi bagian sandung lamur dan tetelan yang berlemak. Selain lebih cepat lembut, daging bagian ini akan mengeluarkan rasa gurih dari lemaknya. Sedangkan untuk bumbu halus, cukup andalkan cabai rawit, cabai merah kering, bawang merah, dan bawang putih.

Dijamin,di Idul Adha kali ini mulutmu akan meledak-ledak seperti mercon.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *