5 Alasan Tas Purun Asal Kalsel Wajib Dimiliki

  • Whatsapp
5 Alasan Tas Purun Asal Kalsel Wajib Dimiliki

Kalimantan Selatan selain dikenal menjadi destinasi wisata, juga menjadi rujukan untuk shopping. Terutama bagi mereka yang berburu tas.. Mulai dari tas untuk anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, pria, atau juga wanita.

Meski banyak daerah lain di Indonesia yang juga memproduksi tas, Kalsel memiliki produk tas yang unik, yaitu Tas Purun. Tas Purun dibuat dari rumput purun yang banyak tumbuh di lahan gambut berair khas tanah Kalimantan. Diolah secara manual oleh pengrajin. Anyaman yang unik, sederhana dan wangi khas rumput purun menjadi suatu hal yang unik.

Read More

Apalagi sekarang ini sudah didukung dengan munculnya berbagai marketplace, semakin banyak pula peminatnya. Sistem online membuat transaksi makin mudah dan cepat. Sebenarnya kenapa tas purun begitu diminati masyarakat? Berikut lima alasannya.

  1. Tren dunia. Menurut Vivi Zubaidi, ketua IKRA Indonesia. Tas Purun saat ini telah menjadi tren dunia. Hal ini lah yang menjadi daya tarik, kenapa sekarang orang banyak yang berminat menggunkan tas purun.
  2. Ramah Lingkungan. Purun didapatkan dari hasil alam, saat mengolahnya tidak menggunkan bahan kimia yang berbahaya. Seandainya rusak dan sudah tidak bisa digunakan lagi, maka sampahnya akan mudah hancur tidak seperti bahan plastik. Ini tentu ramah lingkungan.
  3. Unggul Soal Kualitas. Salah satu faktor utama yang membuat tas Purun produksi kal-sel merajai pasar dalam negeri adalah kualitasnya yang bagus. Pengerjaan dilakukan secara teliti dengan bahan-bahan berkualitas bagus sehingga tidak mengherankan jika awet saat digunakan. Para pengarajin memiliki keahlian guna memastikan kualitasnya bagus, baik secara jahitan atau bahan yang digunakan.
  4. Harganya Terjangkau. Selama ini banyak orang setuju dengan pepatah “ada uang, ada barang”. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Namun jika berkaitan dengan tas purun yang diproduksi di kalsel ini, kualitasnya bagus namun mereka menawarkan harga yang lebih terjangkau. Apalagi jika memesan dalam jumlah yang banyak, akan mendapatkan harga yang lebih ramah di kantong.
  5. Model yang Unik. Supaya tetap berdatangan, para pengrajin tas purun di kalsel tidak berhenti berinovasi. Selain menerima custom, mereka juga kerap menawarkan desain-desain baru yang sedang digemari masyarakat. Tidak jarang juga membuat sendiri desain-desain kreatif yang otentik dan out of the box. Lingkungan yang dipenuhi dengan persaingan ini membuat masyarakat memiliki budaya inovasi yang membuatnya haus akan hal-hal baru.

Bahkan jika bentuk tas terbaru ini cukup rumit, para produsen mencari cara untuk menyelesaikannya. Seakan itu merupakan tantangan yang perlu untuk ditaklukkan. Dengan begitu, tidak mengehrankan pelanggan tetap setia.

Itulah faktor-faktor yang menyebabkan tas purun asal kalsel begitu diminati. Bahkan, tidak hanya masyarakat Indonesia saja, orang-orang dari mancanegara menjadikan tas Purun sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke negara asalnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *