5 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan yang Cocok untuk Liburan Keluarga

  • Whatsapp
5 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Berbicara tentang tempat wisata di Kalimantan Selatan tidak akan ada habis-habisnya. Kota Seribu Sungai ini memiliki tempat wisata dengan jumlah tak terhitung. Untuk itulah, berlibur ke Kalimantan Selatan merupakan satu kegiatan yang akan dan terus mengesankan bagi siapa pun.

Berbagai macam wisata seperti wisata alam, wisata air, religi dan lainnya akan Anda temui ketika berlibur di Kalimantan Selatan, terlebih lagi budget untuk menikmati wisatanya juga terbilang murah.

Read More

Dari banyak tempat wisata tersebut, berikut 5 tempat wisata recommended di Kalimantan Selatan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga di hari libur;

1. Mengarungi Sungai Amandit dengan bamboo rafting khas Loksado

Bila menyukai olahraga air terutama rafting, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, adalah satu tempat yang menjadi daftar petualangan yang harus dikunjungi ketika berada di Kalimantan Selatan, jaraknya sekitar 4 jam dari Ibukota Kalimantan Selatan.

Rafting yang dilakukan di Loksado cukup unik, karena bukan menggunakan perahu karet seperti biasanya melainkan hanya menggunakan rakit yang terbuat dari bambu atau balanting Paring sebutan warga sekitar.

Menariknya lagi, selain memacu adrenalin, kita akan disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan di sepanjang sungai.

2. Teduhnya Hutan Pinus di tengah Kota Banjarbaru

Kalau berbicara tentang kota, pastinya kita akan membayangkan tentang macet, polusi dan segala hal yang membuat otak jadi mumet.

Tapi berbeda dengan salah satu kota di Kalimantan Selatan ini, Kota Banjarbaru. Berlibur ke sana tentunya bukan pilihan yang salah, karena kita akan disuguhkan oleh pemandangan hutan pinus yang menyejukkan.

Hutan pinus ini terletak di Jalan Pangeran Suriansyah Ujung, Kelurahan Komet, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Selain disuguhkan jejeran pohon pinus, suasana makin semarak dan indah dengan aneka payung tergantung dan layang-layang kupu raksasa yang menempel di pohon. Anda cukup membayar karcis parkir roda dua Rp 3 ribu untuk masuk ke Hutan Kota Pinus Mentaos I.

3. Pantai Angsana: Bunakennya Tanah Laut

Selain wisata sungai, Kalimantan Selatan juga mempunyai pantai-pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Angsana yang terletak di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Pantai Angsana merupakan sebuah tempat wisata yang tergolong baru dikembangkan secara intens oleh pemerintah setempat dan kini makin ramai dikunjungi wisatawan, khususnya wisatawan lokal.

Pantai Angsana memiliki keindahan alam yang sangat indah terutama di bawah lautnya yang cukup baik untuk snorkling maupun diving.

Pantai ini disebut sebagai Bunakennya Tanah Bumbu. Ditambah dengan gelombang ombak yang cukup tenang, pantai ini sangat cocok untuk wisata keluarga.

4. Goa Batu Hapu: Asyiknya bercengkrama di kolong bumi.

Bosan dengan wisata air dan hutan, di Kalimantan Selatan juga ada goa yang indah, seperti Goa Batu Hapu, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Keindahan Goa Batu Hapu dapat dinikmati dengan mudah, selain karena lokasinya mudah dijangkau– hanya berjarak 2 jam dari ibu kota–akses masuk ke dalam goa juga tak sulit.

Keberadaan stalagmit dan stalaktit pada dasar dan langit goa menambah alasan untuk terus terpukau. Lubang di langit goa, yang membiarkan sinar matahari masuk juga menambah eksotisme goa itu sendiri.

5. Pasar Terapung: pasar ikonik yang sudah ada ratusan tahun.

Sepertinya belum lengkap kalau berkunjung ke Kalimantan Selatan tanpa mengunjungi Pasar Terapung, karena di mana lagi Anda bisa menemukan pasar yang begitu ikonik, dengan metode transaksi yang masih tradisional.

Bahkan, Pasar Terapung yang terletak di Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ini sudah ada sejak 400 tahun yang lalu dan termasuk ke dalam lima pasar terapung terbaik di Asia.

Di Pasar Terapung ini, Anda bisa membeli berbagai barang dagangan seperti pakaian, ikan, kue tradisional, hasil pertanian dan berkebunan. Anda juga bisa menikmati kuliner khas seperti soto banjar, sop banjar yang pastinya lezat. Pasar terapung ini beroperasi sekitar pukul 06.30 sampai 08.00 pagi WITA.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata keren yang ada di Kalimantan Selatan dan belum bisa saya ceritakan satu persatu. Ada hamparan bukit, goa-goa yang memukau, atau air terjun yang membius mata. Namun saya meyakini, untuk menemui keindahan yang berpadu dengan keajaiban tersebut, Anda tidak harus membaca artikel nan panjang penuh penjelasan dari saya. Bagi Anda yang berada di luar Kalsel, kunjungilah pulau ini, Anda bisa membuktikannya sendiri.

Dan bagi Anda yang berada di Kalimantan Selatan, bukalah mata, keajaiban ada di sekitar kita.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *