Banjir di Kabupaten Banjar Meninggi, Bupati Adakan Rapat Mendadak

  • Whatsapp
Banjir di Kabupaten Banjar Meninggi, Bupati Adakan Rapat Mendadak

Seiring dengan meningkatnya ketinggian air di beberapa wilayah di Kabupaten Banjar, Bupati Banjar H Khalilurrahman lakukan rapat mendadak bersama jajaran di kediaman dinas di Martapura, Selasa (12/1/ 2021).

Banjir yagn semakin meluas membuat warga mulai panik untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Ketinggian melebihi dua meter terjadi di Kecamatan Pengaron dan Sungai Pinang, bahkan mulai merambah di Kecamatan Simpang Empat.

Read More

Banjir itu sendiri sudah mengepung ibukota Kabupaten Banjar, dengan mencakup desa-desa pada sekitar sepuluh kecamatan, meliputi Kecamatan Martapura Kota, Martapura Barat, Martapura Timur, Sungai Tabuk, Karang Intan, Mataraman dan Astambul.

Ketinggian air juga mengancam warga di Kecamatan Aluh-Aluh oleh datangnya air laut yang pasang hingga menimbulkan daerah itu rawan banjir dan puting beliung.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Khalilurrahman menggelar rapat dadakan bersama pejabat terkait, antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (DKISP) HM Aidil Basith didampingi Kepala Bidang IKP Eddy Elminsyah Jaya, juga hadir Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Irwan Kumar, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) H Ahmadi.

Tampak berhadir pula Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Dondit Bekti, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan asset Daerah (BPKAD) Ahmad Zulyadaini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Raudatul Wardiyah serta Kepala Badan Amal Zakat Nasional (Baznas)

Dalam rapat terbatas tersebut, Bupati Banjar meminta penyaluran bantuan dan antisipasi lainnya segera ditanggapi dan cepat dilaksanakan.

“Terutama dalam hal bantuan yang diutamakan untuk korban di pengungsian terlebih dahulu,” kata orang nomor satu Kabupaten Banjar itu.

Bupati Banjar menegaskan kepada jajaran terutama Kominfo Kabupaten Banjar untuk mengkonsep dan siaran imbauan terkait musibah banjir, memantau langsung ke lapangan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat.

“Ada beberapa poin harus diperhatikan semua pihak sehubungan tingginya curah hujan belakangan hari terakhir hingga menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor,” katanya. (ras)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *