Bawang Dayak: Khasiat, Cara Budidaya dan Mengonsumsinya

  • Whatsapp
Bawang Dayak: Khasiat, Cara Budidaya dan Mengonsumsinya

Dari berbagai literatur, Famili bawang dayak konon berasal dari daratan Amerika dan banyak tumbuh di Kalimantan sebagai tanaman liar. Saat ini, bawang dayak sudah dibudidayakan mengingat tingginya khasiat dengan mengonsumsi bawang dayak sebagai obat tradisional.

Bagi masyarakat Dayak sendiri, bawang ini disebut “bawang hutan atau bawang kambe” dan sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan aneka penyakit.

Read More

Hasil Penelitian Bawang Dayak

Secara ilmiah, bawang dayak (Eleutherine americana) memiliki khasiat tinggi karena kandungan senyawa aktif bawang dayak sangat lengkap. Senyawa ini meliputi alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin.

Beberapa penelitian dan pengujian telah dilakukan untuk membuktikan khasiat bawang dayak. Di antaranya oleh Fakultas Farmasi ITB Bandung yang mengkaji pengaruh pengolahan simplisia terhadap kandungan metabolit utama bawang dayak.

Naiknya popularitas bawang dayak sangat beralasan karena didukung banyak bukti setelah merasakan khasiatnya. Mengutip, kabarnusa.com, Salah satunya dialami oleh Ibu Titiek Sri Rahayu, asal Jakarta. Ia mencoba mengonsumsi bawang dayak setelah divonis menderita kanker payudara oleh dokter dan harus menjalani operasi pengangkatan payudara.

Ibu Titiek mulai rajin mengonsumsi bawang dayak sebanyak 3 kali sehari, yaitu saat pagi, siang, dan sore. Alhamdulillah, benjolan yang semula 7 cm x 4 cm tinggal sebesar kacang tanah. Ia merasakan betul khasiatnya dengan menyaksikan penyusutan massa benjolannya dari hari ke hari.

50 Khasiat dan Manfaat Bawang Dayak

Tingginya khasiat dan manfaat bawang dayak bagi kesehatan masih banyak yang belum mengetahuinya. Khasiat bawang dayak dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga berbahaya, bahkan mematikan.

Berikut 50 Khasiat bawang dayak:

1. Ambeien
2. Amandel
3. Asam Urat
4. Bisul
5. Asma
6. Bronkhitis
7. Darah Rendah
8. Diabetes Melitus
9. Epilepsi
10. Gangguan Pencernaan Lambung
11. Gangguan Seksual
12. Ginjal
13. Gondok
14. Hepatitis
15. Hipertensi / Darah Tinggi
16. Insomnia
17. Jantung
18. Kanker Kelenjar Getah Bening
19. Kanker Paru – Paru
20. Kanker Payudara
21. Kanker Rahim
22. Kanker Usus
23. Keputihan
24. Kista
25. Kolesterol
26. Maag
27. Migrain
28. Myom
29. Obat Muntah
30. Pelupa / Menurunnya Fungsi Ingatan
31. Peluruh Kemih
32. Pencahar
33. Prostat
34. Radang Usus
35. Rematik
36. Sakit Kuning
37. Sakit Perut
38. Sakit Pinggang
39. Stamina
40. Stroke
41. TBC
42. Vertigo
43. Vitalitas
44. Menurunkan kadar kolesterol
45. Mencegah penyakit jantung
46. Mencegah radikal bebas
47. Mengobati batu ginjal
48. Anti bakteri
49. Nutrisi kulit
50. Mengontrol tekanan darah

Cara Mengonsumsi Bawang Dayak

Saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam olahan bawang dayak dalam bentuk serbuk kapsul yang telah melewati proses pengeringan. Namun jika Anda ingin mengonsumsi bawang dayak segar, bisa melakukannya dengan cara berikut:

Cuci bersih 3-4 siung bawang dayak, iris tipis kemudian seduh dengan 1 gelas air mendidih (200 ml). Diminum selagi hangat 2-3 kali sehari.

Cara Menanam Bawang Dayak

Cara menanam bawang dayak sebenarnya cukup mudah bahkan tanpa dirawat pun akan tetap tumbuh. Namun jika menginginkan hasil maksimal, Anda hanya cukup memastikan ketersediaan air untuk penyiraman dan pupuk secukupnya.

Kabar baik lainnya bagi Anda yang ingin budidaya bawang dayak, jenis bawang ini bisa dibudidayakan baik di dataran rendah maupun tinggi. Selain itu, tanaman bawang dayak anti hama jadi tidak memerlukan pestisida. Sangat mudah dan murah, bukan?

Lantas bagaimana cara awal meananam bawang dayak? Anda hanya perlu membenamkan umbi bawang dayak ke dalam tanah dengan kedalaman kurang lebih 3 cm setelah tanah digemburkan.

Penjual Bawang Dayak

Jika Anda sedang memerlukan bawang dayak asli untuk segera dikonsumsi, Anda bisa menghubungi Bara Dayak di nomor 081348793799. Tak hanya bawang Dayak, penjual juga melayani pemesanan pasak bumi, akar kuning, jahe merah dan lain-lain. Silakan hubungi saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment