Begini Ramuan Jamu Beras Kencur, Buat Sendiri Yuk!

  • Whatsapp
Membuat Jamu Beras Kencur Sendiri
Membuat Jamu Beras Kencur Sendiri

Mau membuat jamu beras kencur sendiri? Gampang kok. Bahan pembuatan jamu beras kencur juga mudah di dapat. Namun sebelum ramuan jamu beras kencur kita ulas, kita bahas dulu ya tentang seluk beluk tentang jamu secara detil agar pemahaman dan wawasan kita semakin luas.

Gangguan Nafsu Makan pada Anak

Jamu sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia. Selain bahan yang digunakan mudah didapat, jamu olahan sendiri lebih aman dibanding obat kimia.

Read More

Saat ini jamu sudah menjadi konsumsi semua kalangan, anak-anak, remaja dan orang dewasa. Tapi jika kita telusuri dari berbagai literatur, awalnya jamu dibuat untuk menangani gangguan nafsu makan pada anak. Sering kan nafsu makan anak-anak turun dan susah sekali disuruh makan. Nah, dari situlah kemudian jamu diolah untuk “dipaksakan” kepada anak-anak yang susah makan.

Kalau ditelusuri lebih jauh, memang sih banyak faktor kenapa anak-anak mendadak nafsu makannya turun. Namun setidaknya jamu efektif untuk merangsang nafsu makan mereka, selain itu juga menghilangkan kembung, mengatasi diare, membunuh cacing di tubuh anak, serta meningkatkan imunitas agar anak tidak mudah terserang penyakit.

Khusus untuk menangani gangguan nafsu makan si buah hati, bahan jamu yang digunakan pun spesifik, yakni temulawak, lempuyang, brotowali, temu hitam dan daun pepaya.

Dari bahan di atas, banyak manfaat bagi kesehatan tubuh si anak. Diantaranya, merangsang fungsi empedu penghasil rasa lapar, antiradang, antioksidan. Rasa pahit (karpain/alkaloid pahit) yang dihasilkan dari ramuan jamu di atas pun sebenarnya untuk merangsang nafsu makan, antikejang, melebarkan pembuluh darah tepi, antiradang dan mengeluarkan gas perut, Wow, banyak sekali manfaat mengonsumsi jamu dan bahan pembuatnya pun mudah didapat di sekitar rumah kita.

Tips Mengonsumsi Jamu untuk Anak

Jamu aman dikonsumsi. Jamu yang kita bicarakan ini adalah jenis jamu cair olahan sendiri, bukan jamu sachet lo ya. Dari beberapa literatur disebutkan jamu sebaiknya tidak diberikan kepada bayi berumur kurang dari satu tahun. Jadi yang direkomendasikan anak yang sudah berusia 1-6 tahun.

Cara mengonsumsi jamunya pun lebih baik pada pagi hari ketika si anak baru bangun tidur. Berikan secara bertahap, mulai dari sendok dulu agar anak tidak trauma meminum jamu.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur Sendiri

Tujuan mengonsumsi jamu adalah memperbaiki dan membantu tubuh agar seimbang, bukan menyembuhkan penyakit. Jika ingin membuat sendiri jamu beras kencur, perhatikan bahan yang digunakan. Disarankan bahan-bahan masih segar dan matang optimal. Sebelum diracik, pastikan kondisi bahan benar-benar bersih agar tidak membawa bakteri saat dikonsumsi.

Mengonsumsi jamu beras kencur dapat mencegah masuk angin, meningkatkan nafsu makan, mencegah sariawan, mengeluarkan dahak, serta mengurangi mual dan kembung.

Bahan Jamu Beras Kencur:

  • Beras 200 gram
  • Air mendidih 100 ml
  • Rimpang kencur 50 gram
  • rimpang jahe 50 gram
  • Daun pandan 2 lembar
  • Rimpang Kapulaga 10 buah
  • Buah kemukus 1/2 sendok teh
  • Gula merah 300 gram
  • Air 1500 ml
  • Garam secukupnya

Cara Mengolah Jamu Beras Kencur:

  • Bersihkan beras, tiriskan, sangrai, lalu rendam dalam air mendidih selama 2 jam.
  • Sangrai jahe dan kencur, angkat dan sisihkan
  • Campur rendaman beras, kencur, jahe yang telah disangrai, kapulaga, kemukus dan sedikit garam. Haluskan menggunakan blender.
  • Rebus air bersama gula merah dan pandan hingga gula larut dan mendidih
  • Campur beras kencur dengan air gula, aduk rata lalu saring.

Resep di atas untuk 7-8 gelas. Jika jamu terasa kurang manis, bisa menambahkan madu. Disarankan langsung meminumnya, namun jika ingin disimpan, gunakan wadah kaca tertutup rapat dan simpan di lemari es.

Demikian ulasan tentang jamu beras kencur, selamat berkreasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments