Bingung Memilih Ban Baru Buat Kendaraanmu, Coba Ikuti Langkah Ini

  • Whatsapp
Bingung Memilih Ban Baru Buat Kendaraanmu, Coba Ikuti Langkah Ini
Ilustrasi | beritagar.id

Apa yang kamu rasakan saat berkendara tiba-tiba ban motor atau mobilmu bocor atau bahkan pecah? Pasti sebel dan kesel kan?

Ya! ban adalah salah satu bagian terpenting dalam kendaraan, karena ban langsung berhubungan dengan permukaan jalan. Tanpa adanya ban, pasti sepeda motor atau mobil tak akan bisa melaju di jalanan.

Read More

Ban sendiri memiliki konstruksi yang sangat kompleks, meskipun kamu hanya bisa melihat bentuk ban secara sederhana dari bagian luarnya.

Ban ternyata memiliki fungsi utama,  komponen ban meliputi carcass atau casing, tread, sidewall, breaker, belt dan juga bead. Di mana setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing, meskipun demikian setiap komponen ini saling berhubungan dan saling mendukung.

Memilih ban ternyata susah-susah gampang, kamu harus cermat dan teliti. Selain ketelitian , juga harus mengetahui kode-kode yang tertera, sehingga akan terpilihi ban yang tepat untuk mobil atau sepeda motor kesayanganmu.

Nah, berikut ini beberapa tips memilih ban agar kamu tidak kebingungan:

Cek Ukuran Ban

Saat hendak memilih ban, kamu perlu mengetahui ukuran dari ban yang akan digunakan sesuai standarnya. Biasanya angka ini berada di belakang huruf dari tipe ban tersebut, di mana angka tersebut menunjukkan ukuran velg mobil atau motor. Pastikan kamu memilih ukuran yang sesuai, karena bila terlalu kecil ataupun terlalu besar maka akan membuat mobil atau motormu tidak nyaman saat dikendarai dan melaju di jalanan.

Perhatikan Tipe Ban

Dalam melihat tipe ban, kamu perlu memperhatikan huruf paling depan dari kode yang tertera, apabila huruf  P berarti menunjukkan bahwa ban itu didesain untuk mobil penumpang. Kemudian huruf LT, menunjukkan bahwa ban tersebut didesain untuk truk yang beratnya sedang. Kemudian huruf ST, memberikan keterangan bahwa ban dikhususkan untuk truk trailer.

Jangan salah pilih ya? Sesuai kan dengan kendaraanmu.

Pilih Jenis Ban

Dalam dunia ban, terdapat dua jenis ban, yaitu tubetype dan tubeless. Ban Tubetype adalah jenis ban yang harus menggunakan ban dalam. Umumnya ban ini digunakan di velg jari-jari.

Ada juga ban Tubeless yang merupakan  jenis ban tanpa menggunakan ban dalam dengan ketentuan harus menggunakan velg castwheel. Tipe ban tubeless harus menggunakan ukuran yang sesuai dengan velgnya dan menggunakan pentil khusus tubeless.

Sesuaikan Lebar Ban

Ukuran dari kelebaran ban sangat mempengaruhi dengan daya cengkram serta akselerasi yang ditimbulkannya, semakin lebar ban maka daya cengkram nya akan semakin kuat begitu juga sebaliknya.

Selain dari tips di atas, masih banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam pemilihan ban, seperti pola tapak, ketebalan ban, dan juga kode kecepatan yang ada pada ban. Jika kamu telah memilih ban yang tepat untuk mobil atau motor, selanjutnya jangan lupa untuk merawatnya agar ban awet.

Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan ban yaitu, meliputi tekanan ban, rotasi dan spooring ban secara rutin.

Semoga ban mobil dan motor kamu selalu awet ya..

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *