BPDASHL Barito Bagikan Puluhan Ribu Bibit Gratis, Masyarakat Antusias

  • Whatsapp
BPDASHL Barito Bagikan Bibit Produktif Gratis
BPDASHL Barito Bagikan Bibit Produktif Gratis di Persemaian Permanen Banjarbaru. FOTO: Rijalu/BPDASHL Barito

Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Barito (BPDASHL) bagikan puluhan ribu bibit gratis kepada masyarakat Kalsel. Ada 6 jenis bibit produktif yang dibagikan ke masyarakat yakni berupa bibit durian, jambu kristal, mangga gadung, alpukat, kelengkeng dan jeruk nipis. Bibit gratis tersebut mulai dibagikan sejak Jumat, 2 Oktober 2020 di Persemaian Permanen Banjarbaru (PPB).

Menurut Subagiyo, manajer PPB BPDASHL Barito, pembagian bibit gratis ke masyarakat rutin dilaksaksanakan setiap tahunnya. “Setiap tahun kami rutin melaksanakan pembagian bibit gratis. Untuk bibit produktif, ini kali kedua setelah bulan Juli lalu,” ujarnya kepada banaranmedia.com.

Read More

Lebih lanjut Subagiyo juga menyatakan ada dua jenis bibit gratis yang dibagikan kepada masyarakat. Yakni bibit gratis produktif dan non produktif. Untuk bibit non produktif seperti sengon, jengkol, trembesi, kasturi, kemiri dan lain-lain juga tersedia di Persemaian Permanen Banjarbaru yang beralamat di Jl. Sei Salak Km.28 Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“Selain bibit produktif, kami juga menyediakan bibit gratis non produktif kepada masyarakat. Jadi bagi siapa saja yang berminat silakan datang dengan membawa KTP atau surat permohonan untuk jumlah banyak,” terangnya lebih lanjut.

Masih menurut Subagiyo, untuk pembagian jenis bibit produktif gratis kali ini menerapkan pendaftaran online. “Masyarakat wajib mengisi formulir yang telah kami sediakan, dan pihak kami akan menghubungi untuk pengaturan jadwal pengambilan,” imbuhnya.

Dalam pembagian bibit gratis tersebut hadir pula Kepala BPDASHL Barito, Zainal Arifin beserta staf turut memantau dan terlibat pembagian bibit kepada masyarakat.

Menurut Zainal, minat masyarakat Kalsel sangat tinggi setiap kali pembagian bibit gratis. “Masyarakat Kalsel sangat antusias setiap kali pembagian bibit gratis. Hal tersebut dapat dilihat di beberapa lokasi pembagian bibit gratis seperti di Banjarbaru, Kandangan dan Kotabaru selalu habis, bahkan kekurangan stok,” ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut, pembagian bibit gratis ini sebagai upaya BPDASHL Barito mendukung Revolusi Hijau di Kalsel sekaligus edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penanaman pohon untuk menjaga keseimbangan alam.

“BPDASHL Barito akan selalu siap mendukung Revolusi Hijau dan menghimbau kepada masyarakat agar bisa terlibat aktif dalam aktifitasnya. Di mulai dari memanfaatkan lahan kosong masing-masing dengan menanam berbagai jenis pepohonan baik produktif maupun non produktif,” ujarnya. (hip)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *