Busi Sepeda Motor, Kapan Sih Harus Diganti?

  • Whatsapp
Busi Sepeda Motor, Kapan Sih Harus Diganti?
Penggantian Busi Motor | otosia.com

Pernah nggak kamu mengalami kemogokan atau mati mendadak saat asik berkendara dengan sepeda motor kesayanganmu? kamu pasti berpikir kalau bensinnya habis, setelah dicek ternyata bukan. Kalau kamu mengalami seperti itu, bisa saja hal tersebut disebabkan busi atau spark motormu udah tua dan harus diganti agar motor kesayanganmu dapat berjalan lagi.

Meski kecil dan terkadang disepelekan, nyatanya busi adalah salah satu komponen yang harus diperhatikan oleh pengguna sepeda motor dan kapan harus diganti. Pengecekan perlu dilakukan terutama bagi yang akan berkendara jauh atau yang sering menggunakan sehari-hari untuk bekerja.

Read More

Dikutip dari Kompas.com waktu yang tepat untuk mengganti busi yaitu ketika sudah memasuki jarak tempuh sekitar 6 ribu KM atau biar lebih mudah diingat yaitu setiap dua kali mengganti oli motor.

Selain itu, juga bisa dikenali dengan beberapa kendala yang dialami oleh motor tersebut jika sudah waktunya untuk mengganti busi.

Dikutip dari tribunnews.com, berikut ciri-ciri busi motor sudah harus diganti:

Sepeda Motor Sulit Dihidupkan

Ciri yang pertama busi motor harus diganti yaitu mesin motor sulit untuk dihidupkan, baik menggunakan electric starter maupun kick starter. Hal itu disebabkan karena busi motor yang tidak mampu memberikan percikan api yang cukup di ruang bakar.

Ada Gejala Berhenti Sesaat

Gejala tersebut kemungkinan terjadi karena missed fire atau kekurangan percikan api dalam ruang bakar alias silinder. Penyebabnya adalah kinerja busi sudah menurun. Namun, setelah digas sedikit, mesin akan kembali seperti semula.

Ada Surging Pada Mesin

Surging adalah pasokan udara di dalam ruang bakar terlalu besar. Udara yang terlalu banyak akan menyebabkan busi cepat kotor. Hal ini dikarenakan proses pembakaran yang tidak selesai di ruang bakar.

Suara Mesin Saat Dihidupkan Terdengar Aneh

Suara mesin saat stasioner, biasanya terdengar halus dan konstan. Namun, jika suara mesin motor terdengar kasar dan terasa ada getaran, kemungkinan busi motor sudah minta diganti.

Akselerasi Motor Tidak Maksimal

Ketika akselerasi motor sudah tidak maksimal saat digunakan, itu berarti busi motor sudah mulai bermasalah. Hasilnya, tarikan motor tidak responsif saat digas, akselerasinya pun menjadi tidak maksimal.

Selain hal diatas, ketika kamu ingin ganti busi, maka harus dengan pemilihan busi yang tepat dan sesuai dengan standar yang tertulis dipanduan sepeda motor kesayanganmu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *