Cara Memanfaatkan Medsos untuk Berjualan Online

  • Whatsapp
Cara Memanfaatkan Medsos untuk Berjualan Online

Jejaring sosial hari ini bukan lagi sekadar tempat untuk berkeluhkesah dengan status tak jelas atau posting foto-foto liburan semata, jejaring sosial menjadi ladang subur untuk meraup keuntungan khususnya bagi pelaku bisnis online.

Tapi tahukah kamu, jualan online tidak sebatas tinggal posting doang loh?

Read More

Ada beberapa tahapan yang harus kamu ketahui sebelum memulai bisnis online, salah satunya adalah membangun komunikasi dengan pelanggan. Selebihnya, berikut ini kami berikan tips buat kamu yang mau berjualan online…

 

CARI TARGET POTENSIAL

Kamu harus tahu bahwa tidak semua orang adalah target potensial untuk bisnis online yang kamu lakukan. Kebanyakan orang hanya berminat pada produk yang mereka butuhkan atau suka. Misalnya seorang yang gemar dengan produk pakaian terkini, ia tak akan tertarik jika ada seseorang menawarkan jersey sebuah klub bola.

 

HASTAG

Jika kamu berjualan dengan medsos yang memungkinkan untuk menggunakan hastag, maka pakailah dengan cermat. Gunakan hastag yang sesuai dengan apa yang kamu jual, selipkan juga di antaranya hastag-hastag populer yang memungkinkan dibaca lebih banyak orang.

 

GUNAKAN KALIMAT MENARIK

Membuat kalimat pendek nan menarik ini penting agar pelanggan tidak sebatas hanya melihat produk yang kamu jual tanpa keterangan tertentu. Pelajarilah bahasa efektif untuk membuat followers-mu berminat. Buat juga ajakan halus untuk melihat produk-produk yang kamu jual.

 

MARKETING ALA FLASH SALE

Sesekali gunakan bahasa penawaran yang menyertakan batas waktu ala flash sale. Contohnya penawaran diskon dengan waktu beberapa hari atau penawaran bebas ongkir dengan pembelian minimal.

 

BANGUN KOMUNIKASI YANG BAIK

Jejaring sosial sama halnya dengan dunia nyata, ada kehidupan yang terjalin di sana, berikut juga ada orang-orang yang hidup di sana. Sama halnya dengan komunikasi yang kamu bangun ketika ada orang datang ke toko kamu di dunia nyata, di medsos pun berlaku hal yang sama. Jika kamu hanya mempost produk kamu, oranng-orang tidak akan tertarik.

Bangunlah komunikasi dengan orang-orang dengan akun tersebut untuk membuat pelanggan tahu bahwa kamu “manusia”, bahwa kamu asik diajak komunikasi. Dengan begitu mereka akan tertarik dengan produk jualan kamu.

 

JANGAN HANYA BERJUALAN

Berkaitan dengan tips sebelumnya, medsos yang kamu pakai untuk berjualan tersebut jangan dibuat hanya sebatas untuk berjualan semata.

Tidak ada salahnya sesekali kamu membuat status atau postingan yang bersifat personal, komentari sesuatu yang viral, atau apapun itu. Ini berfungsi untuk membuat kamu bisa berbaur dengan akun-akun lain di medsos yang kamu pakai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *