Cara Membersihkan Kacamata, Nomor Delapan Bikin Kamu Baper

  • Whatsapp
Cara Membersihkan Kacamata Sendiri, Nomor Delapan Bikin Kamu Baper
Ilustrasi: @abkadakab

Sebagai orang yang hidup bergantung pada kaca yang menempel di mata alias kacamata, kita seringkali dibuat jengkel kalau ada debu atau bahkan goresan di lensa, pandangan seolah tertutup dan dunia tidak lagi seindah biasanya.

Sayangnya, sekali lensa tergores, tidak ada cara lagi untuk bisa mengembalikannya seperti sediakala (kecuali menggantinya dengan yang baru dan itu butuh dana lagi–ieuw).

Read More

Banyak orang yang membersihkan kacamata dengan cara mengembuskan napas disusul dengan mengusap permukaan lensa dengan kain, padahal membersihkan lensa kacamata dengan cara tersebut justru bisa membuat lensa tergores akibat debu yang menempel di kain yang dipakai.

Lantas bagaimana cara membersihkan lensa kacamata dengan benar? Jadi beginiii…..

 

Langkah pertama:

Cuci tangan menggunakan sabun

Salah satu cara membersihkan kacamata yang tepat adalah dengan memastikan tangan dalam kondisi bersih. Artinya, sebelum membersihkan kacamata, bersihkan dulu tangan kamu (iya kamu) dari kotoran, debu, lotion, minyak, atau apa pun yang bisa berpindah ke lensa kacamata.

 

Langkah kedua:

Bilas lensa kacamata dengan air mengalir

Membersihkan kacamata dalam kondisi kering hanya akan membuat residu yang menempel di permukaan lensa tergores lebih jauh lagi.

Untuk menghilangkan goresan pada lensa, maka cara membersihkan kacamata yang tepat dan jauh lebih aman adalah dengan menempatkannya di bawah air mengalir.

Bilas lensa kacamata dengan air mengalir bersuhu suam-suam kuku. Hindari membilas kacamata dengan air yang terlalu panas karena dapat merusak lapisan permukaan kacamata.

Bilas lensa kacamata dengan air tanpa perlu menggosoknya. Cara membersihkan lensa kacamata ini bertujuan untuk membilas debu-debu halus yang terdapat pada permukaan lensa.

 

Langkah ketiga:

Gunakan sabun pencuci piring atau cairan pembersih kacamata khusus

Inilah langkah terpenting dalam membersihkan kacamata. Kamu bisa menyemprotkan cairan pembersih kacamata dalam jumlah yang banyak ke kedua permukaan lensa secara merata.

Jika cairan pembersih kacamata tidak tersedia, maka kamu bisa menggunakan sabun pencuci piring.

Jadi, setelah membasahi lensa kacamata di bawah air mengalir, tuang sedikit sabun pencuci piring di ujung jari sebagai cara membersihkan lensa kacamata. Kemudian, ratakan sabun tersebut ke seluruh permukaan kedua lensa kacamata.

 

Langkah keempat:

Bersihkan lensa kacamata dan bagian-bagian lainnya

Selain lensa, bagian-bagian kacamata lainnya juga perlu dibersihkan loh. Jangan sampai kamu cuma terfokus pada bagian lensanya saja–kacamata kan bukan cuma lensa doang beb~

Pastikan kamu juga membersihkan bagian lain dari kacamata: seperti penyangga hidung, bingkai atau frame kacamata, serta bantalan di belakang telinga.

Langkah kelima:

Bilas kembali lensa kacamata dengan air mengalir

Jika tahap sebelumnya sudah selesai, segera bilas lensa kacamata dan bagian-bagian lainnya kembali dengan air mengalir hangat. Pastikan tidak ada busa sabun yang tertinggal pada lensa.

 

Langkah keenam:

Goyangkan kacamata secara perlahan

Langkah ini bertujuan untuk mengurangi jumlah air yang masih terdapat pada lensa kacamata.

Setelahnya arahkan lensa kacamata ke arah cahaya untuk memastikan kebersihan lensa. Jika masih ada noda atau kotoran yang tersisa, ulangi tahapan cara membersihkan lensa kacamata di atas.

 

Langkah ketujuh:

Keringkan lensa kacamata

Jika lensa kacamata sudah sepenuhnya bersih, keringkan dengan kain katun yang benar-benar bersih dan lembut atau kain mikrofiber yang banyak tersedia di optik kacamata.

 

Langkah kedelapan:

Jaga diri kamu

Langkah membersihkan kacamata ini sebenarnya cuma tujuh, bagian kedelapan ini cuma pesan tambahan buat kamu–siapa tau kamu kurang perhatian 🙂

Avatar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *