Cara Membuat Infused Water Sehat Maksimal

  • Whatsapp
Cara Membuat Infused Water Sehat Maksimal
Cara Membuat Infused Water Sehat Maksimal

Banyak orang mengonsumsi infused water, namun sebaiknya mengetahui bagaimana cara membuat infused water agar memberikan dampak maksimal terhadap kesehatan tubuh kita.

Semenjak covid -19 melanda negara kita, kebutuhan konsumsi makanan sehat semakin menjadi perhatian. Salah satunya adalah mengonsumsi infused water atau air infusan untuk menyebut minuman berupa air putih berisi irisan buah, sayuran atau herbal.

Read More

Pencarian di google pun meningkat drastis, mulai dari pencarian resep infused water, efek samping infused water, dan mencari informasi fakta-fakta ilmiah tentang infused water. Benarkah infused water memberikan dampak positif bagi kesehatan?

Trend Infused Water ini sebenarnya sudah merebak di masyarakat perkotaaan sejak 7 tahun terakhir, jadi bukan karena pandemi. Tujuan mengonsumsinya untuk memperkuat kondisi pertahanan tubuh dari dehidrasi dan sebagai antioksidan.

Disebut Infused Water karena cara kerjanya mirip dengan sistem infus. Nutrisi pada buah-buahan, sayur atau herbal akan terlarut ke dalam air secara perlahan.

Untuk membuktikannya, silakan rendam potongan buah apel ke dalam air dalam waktu 3 jam, setelah itu ambil kembali potongan apel tadi dan kunyah seperti biasanya.

Rasa potongan apel yang sudah terendam air dalam hitungan jam pasti sudah berbeda, bukan? Itu terjadi karena kandungan nutrisinya telah larut ke dalam air.

4 Bahaya Dehidrasi

Terlalu banyak beraktifitas bisa menyebabkan dehidrasi. Setidaknya ada 4 macam gangguan kesehatan kesehatan yang akan dialami, yakni adalah:

  1. Gangguan fungsi otak yang berakibat sulit konsentrasi dan berpikir
  2. Gangguan fungsi otot yang berakibat sulit bergerak
  3. Gangguan ginjal yang mengakibatkan munculnya batu ginjal dan infeksi saluran kemih
  4. Mudah sakit kepala, letih dan badan menjadi lemah

Cara Membuat Infused Water

Cara membuat infused water sangatlah mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Menurut Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD (Trubus, edisi Februari 2015), bahan air infusan bisa berasal dari buah-buahan, sayuran dan herbal. Penggunaannya bisa tunggal atau kombinasi. Jika tunggal, pilih komoditas yang berkhasiat. Sementara jika kombinasi bisa dipadukan antara buah dengan buah, buah dengan sayur, atau buah dengan herbal.

Nah, cara pembuatan infused water itu hanya cukup melakukan tahapan sederhana berikut;

  • Memasukkan irisan buah ke dalam sebotol air matang dingin
  • Simpan dalam lemari pendingin (es).
  • Tunggu sampai 3-5 jam
  • Minuman infused water pun sudah siap dikonsumsi.

Tralala…Mudah, bukan? Nutrisi dan serat yang ada pada buah-buahan atau sayuran yang dijadikan infused water akan larut ke dalam air dan siap dikonsumsi.

Infused Water, Bahan dan Buah Berkhasiat

Tujuan mengolah infused water bukan sekadar untuk mendapatkan kesegaran saat mengonsumsinya. Lebih dari itu, penting pula memerhatikan resep ramuan infused water agar dampak positif yang di dapat juga berkhasiat mengatasi penyakit. Dengan kata lain, infused water meberikan kesegaran dan berkhasiat bagi kesehatan.

Resep Infused Water Berkalium Tinggi

Kalium adalah mineral penting bagi tubuh manusia yang disebut sebagai elektrolit. Kalium berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah. Kalium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf yang mengendalikan jantung.

Beberapa buah-buahan berkalium tinggi seperti mentimun, belimbing, labu siam, dan belimbing wuluh jika dijadikan infused water bagus untuk mengatasi darah tinggi. Alternatif lain juga bisa menambahkan kelopak bunga rosella yang memiliki kandungan antosianin tinggi.

Untuk memberikan rasa manis dan sensasi segar saat meminumnya, bisa menambahkan kayu manis dan daun mint.

Resep Infused Water Zat Besi

Zat besi adalah mineral penting bagi tubuh untuk produksi hemoglobin. Zat besi membantu pembentukan sel darah merah dan hemoglobin yang bermanfaat mencegah anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fokus dan konsentrasi, meningkatkan energi, menjaga kehamilan sehat, meningkatkan kekuatan otot, kualitas tidur menjadi lebih baik.

Kekurangan zat besi akan meningkatkan infeksi yang akan diikuti dengan gangguan pada perkembangan sistem imun.

Bunga Rosella kering, anggur, digabung dengan semangka bagus menjadi bahan infused water untuk menjaga sistem imun dalam tubuh. Bunga Rosella yang kaya akan zat besi akan membawa oksigen untuk melepas tenaga di dalam tubuh.

Anggur berwarna ungu kehitaman memiliki antosianin tinggi ditambah kandungan flavonoid dan pektin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Semangka segar memiliki kandungan citrulin dan bermanfaat untuk memperbesar pembuluh darah sehingga peredaran darah di dalam tubuh manusia menjadi lebih lancar.

Resep Infused Water Antioksidan

Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Dengan kata lain, mengonsumsi buah-buahan atau sayuran mengandung antioksidan tinggi bisa awet muda. Buah-buahan berwarna biru seperti bluberi, blackberi, dan rasberi adalah contoh buah-buahan yang mengandung aktioksidan tinggi.

Resep Infused Water Pencegah Pikun

Kombinasi buah jeruk, apel dan herbal daun pegagagan efektif untuk meningkatkan kinerja otak dan pencegah pikun. Daun pegagan adalah tanaman herbal yang kaya manfaat bagi kesehatan.

Daun pegagan memiliki bentuk yang kecil, tanaman ini sering ditemukan di pinggir sungai atau di kebun. Daun pegagan, sejak ribuan tahun lalu sering digunakan sebagai ramuan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Cara Sehat Menggunakan Infused Water

Infused water terbukti bisa memberikan dampak kesehatan tubuh. Meski demikian, ada hal-hal yang tetap perlu diperhatikan agar infused water berdaya maksimal, bukan sebaliknya, mendatangkan penyakit bagi tubuh anda.

Gunakan Air Rebusan

Menggunakan air rebusan sendiri di rumah lebih dianjurkan untuk memastikan air yang digunakan benar-benar bersih, masak dan sehat. Pastikan saat membuat infused water, air sudah dalam kondisi dingin. Salah kaprah jika berpendapat air panas atau hangat cepat melarutkan kandungan nutrisi buah. Justru yang terjadi akan merusak vitamin dan enzimnya.

Mengatur Waktu Konsumsi

Infused water bukanlah air ajaib yang bisa disimpan berlama-lama. Dampak buruk membiarkan infused water berlama-lama justru akan mengakibatkan bersarangnya bakteri pada air infused water. Daging buah-buahan yang terendam akan hancur menyebabkan air menjadi keruh dan terjadi fermentasi. Jika kualitas air tidak steril maka perkembangan bakteri akan cepat terjadinya.

Disarankan, jika ingin digunakan keesokan hari, buatlah infused water di malam hari atau dini hari (rentang waktu infused water siap dikonsumsi adalah minimal 3-5 jam).

Perbandingan Jumlah Air dan Buah

Banyak disarakan para ahli, salah satunya Prof Ahmed Sulaeman, perbandingan antara air dan bahan 3:1. Jumlah buah atau sayuran yang digunakan infused water sebanyak 25% dari volume air yang digunakan.

Demikian tips cara pembuatan infused water agar sehat maksimal beserta resep buah dan masing-masing fungsinya. Mari kita jaga kesehatan tubuh kita.

Ali Muhammad

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *