Cara Membuat Pupur Dingin Beras Kencur

  • Whatsapp
Cara Membuat Pupur Dingin Beras Kencur
Cara Membuat Pupur Dingin Beras Kencur

Tak dapat dipungkiri betapa beras kencur kaya manfaat. Tak hanya sebagai minuman jamu beras kencur untuk kesehatan, tapi juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana kecantikan. Pada artikel sebelumnya telah diulas cara membuat masker beras kencur, dan kali ini masih dalam topik yang sama, saya akan membagikan cara pembuatan pupur dingin beras kencur.

Pupur Dingin dan Masyarakat Banjar

Produk kecantikan pupur dingin beras kencur termasuk produk kecantikan tradisional. Sebuah cara perawatan wajah secara alami. Dulu, menggunakan pupur dingin beras kencur untuk memberikan efek dingin di wajah.

Read More

Masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan di zaman dulu banyak menggunakan pupur dingin untuk melindungi wajah dari panas matahari ketika berada di sawah atau ladang.

Meski zaman telah modern, dan produk kecantikan pabrikan mulai banyak di pasaran, penggunaan pupur dingin masih tetap digunakan sebagian masyarakat Banjar, khususnya dilakukan saat berada di rumah, seperti halnya menggunakan masker.

Selain murah, pembuatannya pun mudah dan cukup ampuh menghaluskan kulit wajah. Pupur dingin ini pun sampai sekarang masih bisa dijumpai di pasaran dengan harga jual murah. Di Banjar sendiri, pupur dingin kadang disebut sebagai pupur basah. Yakni pupur yang baru bisa digunakan setelah dicampur air.

Cara Membuat Pupur Dingin

Bahan membuat pupur dingin:

  • Tepung beras
  • Kencur
  • Air

Peralatan membaut pupur dingin:

  • Parutan
  • Pisau
  • Piring
  • Mangkuk

Langkah Pembuatan Pupur Dingin:

  1. Pilih kencur segar sebanyak yang diperlukan. Kupas kulit kencur dan cuci hingga bersih
  2. Parut kencur hingga lembut
  3. Peras kencur yang telah diparut
  4. Perasan kencur dicampur menjadi satu dengan tepung beras sampai menjadi adonan yang pulen hingga mudah dibentuk.
  5. Buatlah bentuk bulatan dengan diameter sesuai yang Anda kehendaki, umumnya dalam bentuk bulatan kecil.
  6. Keringkan di bawah sinar matahari

Cara Menggunakan Pupur Dingin:

  • Disarankan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu
  • Gunakan pupur dingin yang telah kering dan campurkan dengan air dingin. Jangan terlalu cair agar bisa dioleskan ke wajah.
  • Setelah mengoleskan ke wajah secara merata, tunggu sekitar 30-60 menit agar nutrisi dari beras dan kencur terserap maksimal. Setelah itu bilas menggunakan air.

Demikian cara membuat pupur dingin dengan ramuan beras kencur yang sudah digunakan sejak dahulu oleh nenek moyang. Perawatan tradisional menggunakan pupur dingin bisa menjadikan kulit wajah Anda halus, bebas jerawat, dan menghindari penuaan dini.

Selamat mencoba. Ikuti terus banaranmedia.com, akan banyak cara dan tips kecantikan lainnya yang akan saya unggah di sini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *