Dispersip Kalsel Dukung Penulis Daerah Lewat iKalsel

  • Whatsapp
Dispersip Kalsel Dukung Penulis Daerah Lewat iKalsel
Kadispersip Kalsel Nurliani (Bunda Nunung) bertemu dengan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel Syaripuddin | foto Istimewa

Selepas kunjungan kerja di Kabupaten Kotabaru, rombongan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menyempatkan singgah ke Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, untuk menemui para penggiat literasi serta turut menghadiri kegiatan peluncuran dan bedah buku berjudul “Bang Dhin Tokoh Inspiratif Muda” karya Sri Supadmi.

Selain itu, rombongan dispersip Kalsel juga bertemu dengan sejumlah penulis dan pegiat literasi lokal.

Read More

“Suatu kehormatan luar biasa diundang dan bisa berhadir bersilaturrahmi dengan rekan-rekan penulis, guru, wartawan dan lintas komunitas di Tanbu. Apalagi bukan cuma penulis bukunya yang mengundang, bahkan tokohnya sekaligus, yaitu Bapak Syaripuddin, SE, M.AP. (Bang Dhin), yang juga Wakil Ketua DPRD Kalsel,” kata Bunda Nunung, sapaan akrab Kadispersip Kaslel melalui siaran persnya, Senin (21/09/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Dispersip Kalsel juga mempromosikan Ikalsel–layanan buku elektronik (e-book) yang dikembangkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan.

“Masyarakat yang ingin mencari bahan bacaan atau literatur bisa membuka layanan e-book melalui aplikasi iKalsel yang bisa diakses kapan dan di mana saja. Selain itu, bisa juga mengirimkan buku-buku karyanya untuk dimasukan dalam e-book, penulis juga bisa mengirimkan buka untuk disimpan di Perpustakaan Daerah Kalsel di Palnam,” jelas Kadispersip Kalsel.

Tak lupa, Bunda Nunung juga mensosialisasikan sekilas Undang-undang Nomor 13 Tahun 2018, tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam hasil karya penulis maupun penerbit yang bisa disimpan di Perpusda.

Hal tersebut disambut baik oleh para penggiat literasi, salah satunya penulis Sri Supadmi, menurutnya pelayanan yang diberikan pegawai Perpustakaan Palnam Banjarmasin sungguh luar biasa karena direspon cepat termasuk pengiriman buku untuk dimasukan ke dalam e-book.

“Tak sampai 1 jam setelah dikirim, buku saya sudah dimasukan ke dalam aplikasi iKalsel,” ujar Kepala Sekolah SMPN 2 Kusan Hulu, Tanah Bumbu itu.

Bunda Nunung mengatakan hal tersebut merupakan salah satu upaya Dispersip Kalsel dalam memfasilitasi setiap kegiatan yang dilakukan penulis-penulis Banua termasuk penulis dan pegiat literasi di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kami siap memfasilitasi berbagai kegiatan yang diinginkan penulis dari berbagai daerah di Kalsel termasuk dari Tanah Bumbu,” ucapnya.

Pertemuan berharga tersebut diakhiri dengan penyerahan buku koleksi para pegiat literasi di Tanah Bumbu yang diterima langsung oleh  Bunda Nunung dan akan dijadikan koleksi buku di perpustakaan Palnam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *