Dispersip Kalsel Serahkan Mobil Perpustakaan Keliling Kepada HSU

  • Whatsapp
Dispersip Kalsel Serahkan Mobil Perpustakaan Keliling Kepada HSU
Dispersip Kalsel Serahkan Mobil Perpustakaan Keliling Kepada HSU | Dispersip Kaslel

GUNA meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan menyerahkan 1 unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) pinjam pakai beserta 500 eksemplar buku kepada Dispersip Hulu Sungai Selatan (HSU), Rabu (30/9/2020).

Bertempat di pendopo kabupaten HSU di Amuntai, Penyerahan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dispersip Kalsel, Dra. H. Nurliani, M.AP kepada Bupati HSU, Bapak Abdul Wahid HK. Setelah sebelumnya, surat permohonan Bupati HSU kepada Gubernur Kalsel mendapat telaahan dari Kadispersip, Asisten dan Sekretaris Daerah, maka pinjam pakai MPK beserta buku mendapat persetujuan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Read More

Kepala Dispersip Kalsel mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kegiatan program promosi minat baca, salah satunya adalah mendekatkan buku ke tengah masyarakat.

“Pinjam pakai MPK beserta buku merupakan terobosan Dispersip Kalsel untuk lebih mendekatkan buku ke tengah masyarakat,” ujar Bunda Nunung, sapaan akrab Kadispersip Kalsel.

Selanjutnya, tambahnya, setelah diserahkan ke Dispersip HSU, mereka nanti akan menganggarkan operasional dan pemeliharaan MPK tersebut, guna efektifitas dan efisiensi gerakan peningkatkan minat baca di masyarakat.

“setiap 3 bulan sekali dilakukan pertukaran buku dengan judul yang berbeda sehingga variatif buku bacaan di MPK akan lebih dinikmati oleh Pemustaka yang dikunjungi MPK,” jelas Bunda Nunung.

Kadispersip berharap, MPK tersebut dapat dimanfaatkan semaksimalnya untuk mempromosikan minat baca dengan mengunjungi sekolah-sekolah, pondok pesantren, desa, kecamatan Komunitas baca dikota dan pelosok HSU.

“Dengan adanya MPK ini, harapannya perputaran buku yang dibaca oleh masyarakat akan lebih variatif,” kata Kadispersip Kasel.

Sementara itu, Bupati HSU, Abdul Wahid HK mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel atas disetujuinya Pinjam Pakai MPK dan buku tentunya lebih memotivasi meningkatkan minat baca dan mensukseskan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“MPK ini suatu saat dapat dihibahkan Gubernur Kalsel kepada Pemda HSU guna sinergisitas dan motivasi Dispersip HSU untuk meningkatkan minat baca di HSU,” harapnya.

Penyerahan MPK beserta 500 eksemplar buku kepada Dispersip HSU merupakan bentuk kepercayaan Pemerintah Provinsi Kalimantan selatan atas atensi pemerintah daerah HSU selama 3 tahun terakhir menorehkan prestasi dalam hal pengembangan minat baca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *