5 Film yang Harus Ditonton Penyuka Fotografi

  • Whatsapp
5 Film Penyuka Fotografi

Suka fotografi? rasanya belum lengkap kalau kamu belum nonton sederet film yang ceritanya berkisah tentang hobimu tersebut. Nah, berikut adalah 5 referensi film tentang fotografi yang wajib kamu tonton agar lebih menjiwai.  

Finding Vivian Maier (2013)

Film Finding Vivian Maier

Read More

Film dengan format dokumenter disutradarai oleh John Maloof. Nah, awalnya John Mallof ini menemukan satu kotak penuh klise film di rumah lelang dengan keseluruhan foto mencapai 100.000. Ia penasaran dan mencari siapa pemilik negatif film tersebut dan melakukan pencarian hingga menemukan bahwa pemiliknya bernama Vivian Maier yang berprofesi sebagai pengasuh bayi.

Dalam dunia fotografi, nama Vivian Maier sebelumnya sangat asing. Ia sendiri tidak pernah ditemui selain karyanya yang ditemukan oleh John Maloof tersebut. Namun, meski ia tidak pernah ditemukan, karyanya yang sangat artistik membuat nama serta karyanya dikenal hingga sekarang ini.

The Bang Bang Club (2010)

Film The Bang Bang Club

Film ini mengisahkan tentang empat orang juru foto di Afrika Selatan. Mereka adalah Greg Marinovich (Ryan Phillippe), Kevin Carter (Taylor Kitsch), Joao Silva (Neels van Jaarsveld), Ken (Frank Rautenbach).

Film ini berfokus pada gejolak politik apartheid yang sedang memanas. Puncaknya ketika Greg mengabadikan sebuah foto seseorang yang dibakar hidup-hidup.

Berkat foto ini Greg meraih kemenangan di Pulitzer Prize pada tahun 1991. Tentu empat sekawan ini menjadi pembicaraan banyak orang. Sehingga The Bang Bang Club makin terkenal.

Kodachrome (2015)

Film Kodachrome

Film ini berpusat pada antara ayah dan anak yang diperankan oleh Ed Haris sebagai Ben dan Jason Sudeikis yang memerankan Matt Ryder.

Ben sebagai ayah dikisahkan sebagai fotografer veteran yang sinis, dan sering kali bersikap semaunya. Ia memiliki seorang asisten Zooey Kern (Elizabeth Olsen).

Walau tidak sepenuhnya berfokus membahas persoalan fotografi secara rinci, namun film ini tetap memberikan bahwa eorang pengkarya begitu menjaga dan punya standar tersendiri terhadap kualitas karyanya.

War Photographer (2001)

Film War Photographer

Film yang satu ini merupakan dokumenter yang mengisahkan James Nachtway yang mengambil  foto persis di antara kerumunan orang yang terlibat konflik.

Everlasting Moments (2008)

Film Everlasting Moments

Siapa yang menyangka kamera dapat merubah cara pandang seseorang. dalam film ini, itulah yang terjadi, seorang ibu bernama Maria Larrson dengan latar belakang waktu yang terletak pada tahun 1911 memperlihatkan betapa berharganya sebuah kamera analog bagi Larrson untuk menemukan jati dirinya di usia yang sudah dewasa.

Walaupun Larrson tidak mendapatkan pendidikan fotografi, insting yang ia miliki dalam mengambil gambar melampaui keahlian fotografer handal. Bakat terpendam yang ia temukan dalam fotografi merubah perjalanan hidupnya untuk lepas dari hubungan dengan suaminya yang bersifat sangat destruktif.

Museumhitamputih
Latest posts by Museumhitamputih (see all)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *