Fresh Graduate Wajib Memiliki Akun Linkedln, ini Alasannya

  • Whatsapp
Fresh Graduate Wajib Memiliki Akun Linkedln, ini Alasannya

Bagi kamu kaum milenial yang baru lulus kuliah, tentu sudah tidak asing lagi dengan LinkedIn, terutama buat kamu yang akan atau sedang meniti karier. Ya, LinkedIn merupakan media sosial profesional terbesar di dunia yang memungkinkan para pencari kerja dan perusahaan untuk saling berinteraksi.

Info dari berbagai sumber, media sosial yang satu ini cukup populer, dengan jumlah pengguna mencapai 500 juta di seluruh dunia.

Read More

Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada sekitar 3 juta pemakai LinkedIn yang berasal dari berbagai industri dengan beragam jabatan yang tersedia.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu harus punya akun LinkedIn:

1. Untuk Personal Branding. Profil LinkedInmu adalah CV online yang bisa dilihat langsung oleh orang banyak, termasuk recruiter atau perusahaan. Karenanya, LinkedIn bisa kamu manfaatkan sebagai platform untuk personal branding. Sesuai style dan kemampuan, kamu bisa memberikan suatu brandinguntuk dirimu sendiri.

Di profil LinkedInmu, kamu bisa menunjukkan berbagai skill dan prestasi yang kamu miliki. Jangan segan, kamu juga bisa meminta  rekomendasi dari orang lain untuk mendukung branding yang ingin kamu bentuk. Kamu pun bisa menambahkan URL website/blog atau portfolio online di akun LinkedInmu untuk memperkenalkan serta mempromosikan dirimu lebih jauh agar menarik.

2. Jadi Mudah Terdeteksi. Dengan memiliki akun LinkedIn, maka kamu akan mudah “terlihat” oleh para recruiter. Sebelum memutuskan memanggilmu ke tahap wawancara, para recruiter biasanya akan mengecek akun-akun media sosialmu, termasuk LinkedIn. Majalah Forbes bahkan pernah menyebut bahwa 97% recruiter di dunia menggunakan LinkedIn sebagai alat untuk proses rekrutmen karyawan. Dengan LinkedIn, recruiter bisa langsung melihat profilmu dan bisa menghubungimu dengan cepat.

Selain itu, ternyata gak sedikit perusahaan yang mencari calon karyawan potensial melalui LinkedIn. Kalau kamu punya profil yang dianggap menarik dan pengalaman yang relevan dengan yang sedang mereka cari, bisa jadi kamu akan dihubungi recruiter untuk bekerja di perusahaan mereka.

3.Mengenali Calaon Interviewer. Kalau kamu sedang mencari pekerjaan dan dipanggil ke tahap wawancara, bisa jadi kamu akan mendapatkan informasi nama interviewer yang akan mengujimu. Sebelum menghadapi wawancara, kamu bisa stalking profil orang tersebut di LinkedIn. Kamu bisa mengenali interviewer-mu dengan riwayat pendidikan serta berbagai keahlian yang dimilikinya. Kamu bisa memanfaatkan berbagai hal ini sebagai bahan pembicaraan yang menarik perhatian sang interviewer saat wawancara, agar tidak buta sama sekali.

4. Mudah Mencari Kerja. LinkedIn bisa memudahkanmu mencari pekerjaan karena terdapat fitur iklan lowongan kerja. Kamu bisa mencari berbagai lowongan pekerjaan di berbagai bidang, posisi, dan lokasi dengan mudah. Kamu juga bisa mengintip lebih dalam tentang deskripsi persyaratan lowongan kerja tersebut dan profil perusahaan yang akan kamu lamar. Kamu juga bisa mem-followbeberapa perusahaan impianmu untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja terkini.

5. Mudah Mengenal Profil Perusahaan. Sebelum mendaftar kerja ke suatu perusahaan, tentunya kamu ingin tahu lebih dalam mengenai perusahaan yang kamu lamar. LinkedIn menyediakan informasi yang cukup lengkap tentang profil perusahaan, seperti visi dan misi, metode rekrutmen, penghargaan yang diraih, review pengguna terhadap perusahaan tersebut, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu merasa poin-poin informasi yang ada pada akun perusahaan yang ingin kamu lamar belum cukup, kamu bisa mencari para karyawan atau mantan karyawan dari perusahaan tersebut. Kamu bisa mengirimkan pesan pribadi dan bertanya langsung ke mereka tentang perusahaan tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *