Gaji Kecil Tapi Ingin Beli Rumah? Jangan Takut!

  • Whatsapp
Gaji Kecil Tapi Ingin Beli Rumah? Jangan Takut Begini Caranya
Gaji Kecil Tapi Ingin Beli Rumah? Jangan Takut Begini Caranya

TAK dapat dipungkiri, memiliki rumah memang sebuah kebutuhan yang tak bisa dihindari. Namun, dikarenakan harga rumah saat ini sudah sangat tinggi, maka memilikinya jelas tidak akan semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk menyiasati hal tersebut, sebagian keluarga muda memilih rumah kontrakan sebagai tempat tinggalnya. Dana untuk uang muka alias down payment (DP) yang cukup tinggi menjadi salah satu alasannya, apalagi dengan pendapatan yang terbilang pas-pasan.

Read More

Namun jangan khawatir, siapa bilang orang berpenghasilan kecil tidak bisa membeli rumah, tidak ada yang mustahil, selama kita berusaha. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara memulai untuk mewujudkan impian tersebut.

Silakan simak cara berikut ini agar keinginan buat membeli rumah tercapai.

Menabung

Ini adalah langkah pertama, bagi yang berpenghasilan kecil cobalah untuk menabung secara rutin.

Cobalah sisihkan 15% sampai 30% dari penghasilanmu, kemudian masukkan jumlah tersebut pada anggaran bulanan. Dengan begitu maka kamu bisa lebih merasa bertanggung jawab untuk bisa menabung setiap bulannya. Anggaplah uang tersebut memang harus dibayarkan.

Jika kamu konsisten, tanpa disadari jumlah tabunganmu akan cukup untuk membayar uang muka rumah.

Kelola pengeluaran dengan ketat

Jika sebelumnya kamu tak pernah mencatat pemasukan dan pengeluaranmu. Mulai sekarang cobalah memulai untuk mencatat keuanganmu, karena dengan hal ini kamu dapat mengetahui berapa jumlah uang yang didapatkan dan berapa jumlah yang dikeluarkan.

Dari data tersebut, akhirnya kamu bisa melihat apakah masih tersisa dana yang cukup untuk menabung. Daripada uang tersebut kamu gunakan untuk berbelanja maka sebaiknya digunakan untuk masa depan.

Mayoritas orang akan bersikap konsumtif dan membeli beberapa barang yang tidak dibutuhkan apabila memiliki uang lebih. Dengan membuat anggaran, kamu bisa memasukkan kegiatan menabung di dalamnya. Sehingga uang kamu sudah habis untuk seluruh kebutuhan dan juga menabung. Dengan begitu kamu tidak akan punya sisa uang untuk berfoya-foya.

Hidup hemat

Menjalani hidup hemat memang bukan hal yang mudah, karena hal tersebut tentu akan berpengaruh pada gaya hidup seseorang.

Setiap orang tentu akan mempunyai gaya hidup yang berbeda. Namun jangan sampai gaya hidup justru memakan semua pendapatanmu. Pikirkanlah bagaimana sebaiknya kamu harus menjalani hidup. Lihatlah banyak orang disekeliling yang masih kekurangan.

Buat rekening yang berbeda khusus menabung

Menabung salah satu hal yang cukup sulit apabila tidak terbiasa. Untuk membiasakan menabung, cobalah untuk membuat rekening berbeda agar dapat memisahkan uang yang ingin ditabung. Perlu diingat, usahakan jangan membuat atm untuk tabungan ini agar uang yang disimpan tidak bisa diambil. Jika terpaksa mengambil maka harus melewati beberapa prosedur yang ribet. Hal ini bisa membentuk pikiran kamu untuk malas mengambilnya.

Cara ini sering dilakukan dan kebanyakan akan berhasil. Saat gajian usahakan langsung transfer dana ke rekening tersebut dan menganggapnya seperti membayar cicilan. Jadikanlah hal tersebut rutinitas setiap bulannya.

Ambillah cicilan rumah yang ringan

Di zaman sekarang, harga rumah terbilang cukup tinggi. Tentunya bagi yang berpenghasilan kecil akan mengalami kesulitan kalau harus membeli rumah secara cash atau secara langsung. Kalau menunggu uang terkumpul tentunya akan sangat lama dan tidak termotivasi.

Untuk itu sebaiknya, mencicil rumah sesuai dengan pendapatanmu adalah jalan terbaik.

Caranya kamu bisa mengajukan ke bank atau beberapa perusahaan yang menawarkan jasa pembelian rumah. Ikuti prosedurnya dengan baik. Jika disetujui, kamu bisa langsung membayarkan DP dan bisa langsung ditempati.

Gimana? Masuk akal nggak? Silakan dicoba dulu. Memang butuh proses sih tapi kalau sudah terbiasa menabung dan termotivasi pasti tujuan kamu membeli rumah akan tercapai. Semangat!!!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *