Hadapi Covid-19, McDonald’s Jual Saham dan Menutup 200 Gerai

  • Whatsapp
McDonald Jual Saham dan Tutup Gerai
McDonald Jual Saham dan Tutup Gerai

Tekanan Covid-19 membuat banyak pelaku bisnis dunia pusing. Pandemi Covid -19 seperti sedang menguji kehebatan para pelaku bisnis dalam adapatasi strategi dan manajemen menghadapi covid-19. Demikian pula yang terjadi pada McDonald’s Corp saat ini. Perusahaan makanan cepat saji tersebut sedang mencari solusi dan tambahan modal dengan cara memangkas pengeluaran serta menjual saham di unit bisnisnya.

Mengutip Bloomberg, Rabu (29/7),McDonald Corp berencana menjual sebagian besar saham di unit bisnisnya di Jepang. Mereka akan menjual sebagian sahamnya dari 49% menjadi 35% di McDonald’s’s Holdings Jepang.

Read More

Chief Financial Officer McDonald Corp Kevin Ozan mengatakan, keputusan tersebut akan memberikan perusahaan fleksibilitas keuangan tambahan dalam melaksanakan strategi alokasi modal. Meski melepas sebagian besar sahamnya, McDonald tetap berkomitmen mempertahankan bisnisnya di Jepang.

Tak hanya memangkas kepemilikan saham, McDonald juga akan menutup gerai-gerainya di Amerika Serikat (AS) tahun ini yang jumlahnya sekitar 200 gerai.

Berdasarkan dana yang dihimpun Bloomberg, McDonald mencatatkan penurunan penjualan global pada kuartal II tahun ini terburuk sejak tahun 2005. Sebagian disebabkan ketidakonsistenan pembukaan kembali aktivitas ekonomi akibat jumlah kasus Covid-19 yang kembali naik.

Peningkatan layanan delivery dan sebagian besar gerai sudah dilengkapi layanan drive-thru tidak mampu menahan kemerosostan penjualan.

Aliran kas bebas perusahaan ini tercatat negatif pada kuartal II karena rantai dan operator restoran menghadapi peningkatan biaya peralatan perlindungan pribadi, modifikasi toko, dan penutupan yang berkepanjangan setelah penerapan kebijakan lockdown. Namun, sepanjang semester I alisan kas masih tercatat positif.

McDonald akan fokus pada investasi yang mendorong pertumbuhan dan akan memprioritaskan pengembalian dividen, tanpa mengonfirmasi kerangka waktu untuk melakukannya. Dalam waktu dekat, ini akan bekerja untuk mengurangi utang dan menurunkan rasio leverage yang saat ini meningkat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *