Haul Akbar Ke-16 Guru Sekumpul Resmi Ditiadakan

  • Whatsapp
Haul Akbar Ke-16 Guru Sekumpul Resmi Ditiadakan

HAUL Akbar yang ke-16 Guru Sekumpul atau Al’alimul Allamah Al ‘Arif Billah Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani resmi ditiadakan setelah pihak keluarga mengeluarkan surat resmi pemberitahuan dan himbauan mengenai ditiadakannya haul akbar se-Kalimantan Selatan tersebut di situs Arraudhah-sekumpul.com.

Sebelum mengeluarkan surat resmi tersebut, pada Selasa (17/11/2020) pihak keluarga dan ahli waris sudah berdiskusi dan bertukar pendapat dengan Pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemkab Banjar dan akhirnya mencapai sepakat untuk meniadakan Haul Akbar.

Read More

Peniadaan Haul Akbar Abah Guru Sekumpul tersebut lantaran masih mewabahnya Virus Corona atau Covid-19 khususnya di Kabupaten Banjar.

Surat pemberitahuan resmi tersebut menegaskan bahwa Haul ke-16 Guru Sekumpul resmi ditiadakan. Selain itu isi surat tersebut juga mengimbau kepada masyarakat untuk berusaha saling menjaga sikap dan perilaku yang bisa berdampak negatif bagi banyak orang.

“Mari kita saling berusaha menjaga sikap dan perilaku untuk tidak melakukan sesuatu yang bisa berdampak negatif untuk banyak orang. Sekali lagi, acara Haul Guru Sekumpul yang ke 16 nanti ditiadakan. Oleh karena itu kami mohon maaf dan pengertian serta kerjasamanya,” isi surat resmi tersebut.

Haul Akbar Ke-16 Guru Sekumpul Resmi Ditiadakan

Selain itu, dalam surat resmi tersebut juga menyampaikan bahwa Makam Guru Sekumpul belum dibuka untuk peziarah sampai waktu yang belum ditentukan.

Pengumuman resmi itu sendiri, ditandatangai oleh H. Muhammad Amin Badali dan H. Ahmad Hafi Badali selaku ahli waris dan disebarkan oleh relawan Posko Induk Sekumpul.

Tentu hal ini membuat seluruh lapisan masyarakat sedih. Pasalnya Haul Akbar ulama kharismatik ini ditunggu oleh ratusan bahkan ribuan masyarakat hingga manca negara.

Salah satu warga Martapura, M. Alimuddin menerima dengan keputusan itu, karena menurutnya meniadakan haul akbar ke-16 Guru Sekumpul merupakan keputusan yang tepat di masa pandemi saat ini.

“Mari kita sama-sama taati keputusan tersebut dan kita juga tetap berdoa semoga di tahun akan datang Haul Akbar Abah Guru Sekumpul dapat terlaksana seperti biasanya,” harapnya. (hum)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *