Ibnu Sina Lanjutkan Program Pengurangan Sampah Plastik dengan Cara Ini

  • Whatsapp
Ibnu Sina Gerakan Pengurangan Sampah Plastik

Setelah sukses mengurangi jumlah sampah melalui perwali nomor 18 2016 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina lanjutkan dengan gerakan tidak buang sampah sembarangan terutama sampah plastik.

Hal tersebut dikemukakannya saat menerima kunjungan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) di ruang kerjanya, Kamis 7 Januari 2021.

Read More

Ibnu Sina menyampaikan kepada GIDKP tentang program pengurangan sampah plastik di Kota Banjarmasin. Ia memaparkan hidup sehat adalah sebuah hal yang sangat penting dengan menjaga kebersihan lingkungan, diantaranya membuang sampah pada tempat tersedia.

“Kalau semua punya pemahaman bisa membuang sampah temasuk plastik dibuang sembarangan karena ada petugas, ini tentu dampak negatif bagi orang lain,” ujarnya.

Pemahaman itu harus diubah secepatnya sebelum terlambat dan berakibat lebih fatal. Pola pikir bahwa kewajiban untuk mengurangi hal tidak baik dimulai dari kesadaran diri sendiri, tidak membuang sampah sembarangan karena menimbulkan penyakit, pencemaran lingkungan dan merusak keindahan tempat.

“Kalau ini disadari 700 ribu warga Kota Banjarmasin tentang pentingnya kebersihan, tentu akan memunculkan efek luar biasa di masyarakat,” kata Ibnu Sina.

Itu belum lagi berbicara penggunaan kantong plastik yang memiliki dampak sosial dan ekonomi secara sistemastis. Pertimbangkan dengan baik manfaat dan akibatnya agar tidak berdampak buruk untuk lingkungan hidup.

“Kalau bukan kita yang melaksanakan lantas siapa lagi melakukannya. Kalau tidak sekarang kapan lagi memulai,” ujar Ibnu Sina (sin/hip)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *