Ibu Hamil Mengonsumsi Mie Instan, Bahaya Bagi Janin?

  • Whatsapp
Ibu Hamil Mengonsumsi Mie Instan, Bahaya Bagi Janin?

Aroma mie instan kerap menggoda indera penciuman dan membuat orang tergiur ingin makan mie instan, termasuk ibu hamil. Sebenarnya boleh enggak sih ibu hamil makan mie instan?

Mungkin ada beberapa ibu hamil yang tergoda dengan mi instan karena rasanya yang enak dan mudah dibuat. Tapi, perlu diingat nih, Bun, makan mi instan tidak benar-benar aman untuk ibu hamil.

Read More

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang bergizi. Dilansir Firstcry Parenting, mi instan tidak menyediakan nilai gizi dan hanya memuaskan rasa lapar dalam beberapa waktu.

Jadi, menghindari konsumsi mi instan ketika hamil adalah ide yang baik untuk menjaga kesehatan janin. Selain itu, di mi instan juga terkandung MSG yang jika dikonsumsi berlebihan akan membahayakan bayi.

Namun, menurut dokter kandungan dr Hari Nugroho SpOG, MSG sudah dinyatakan aman. Meskipun beberapa ibu hamil sensitif terhadap kandungan ini.

“Mi instan banyak ditakuti oleh kalangan ibu hamil dan banyak juga orang tidak hamil karena tingginya kandungan MSG. Padahal MSG sendiri dinyatakan aman oleh FDA. Walaupun beberapa orang mengeluh sensitif terhadap MSG seperti merasa pusing atau nyeri kepala sesudah mengonsumsinya,” kata Hari.

Justru, yang seharusnya dijadikan pertimbangan adalah mengonsumsi dalam jumlah banyak dan berkepanjangan. Hal itu akan membuat gizi ibu hamil tidak seimbang. Sehingga, ibu hamil bisa kekurangan protein, serat, vitamin, sayur, dan mineral.

“Konsumsi dalam batas yang tidak berlebihan dan lama tidak akan mengakibatkan hal-hal yang membahayakan,” kata Hari dikutip dari detikcom.

Kalau Bunda yang sedang hamil sesekali ingin makan mi instan, boleh saja kok. Tapi, lebih baik ditambahkan bahan-bahan lain untuk memenuhi gizi. Misalnya dengan menambahkan telur, ayam, dan sayur.

Sumber asli: haibunda.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *