Ingin Punya Tubuh Tinggi Yang Ideal, Ini Tipsnya

  • Whatsapp
Ingin Punya Tubuh Tinggi Yang Ideal, Ini Tipsnya
Ingin Punya Tubuh Tinggi Yang Ideal, Ini Tipsnya | hellosehat.com

MEMPUNYAI postur tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Sama halnya dengan memiliki tinggi badan yang ideal. Ada banyak manfaat yang akan dicapai apabila memilik tinggi tubuh ideal, misal, jika kamu seorang atlet basket, tentunya kamu akan mudah memasukkan bola ke keranjang, atau juga bisa memetik mangga muda di pohon, pokoknya banyak deh manfaatnya.

Bagi kamu yang ingin memiliki tubuh tinggi ideal, hal mendasar yang harus kamu jaga adalah asupan gizi serta rajin berolahraga.

Read More

selain itu, ada dua faktor yang mempengaruhi tinggi badan, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor genetik sendiri dibawa sejak lahir dan mempengaruhi sebesar 60-80%. Dan sisanya dipengaruhi oleh lingkungan seperti olahraga, asupan gizi dan sebagainya.

Bagi kamu yang tidak didukung dengan faktor genetik, tak perlu risau. Kamu masih bisa menambah tinggi badanmu dengan memaksimalkan masa pertumbuhanmu serta diiringi dengan cara yang sederhana.

Masa pertumbuhan pria dan wanita biasanya berbeda, pria biasanya memasuki masa pertumbuhan pada usia 16-19 tahun, sedangkan wanita pada usia 14-16 tahun.

Gimana? tertarik nggak? inilah cara sederhana untuk meninggikan badan.

Konsumsi Makanan dengan Kalsium Tinggi

Perlu diingat sekali lagi, hal mendasar dalam meninggikan badan adalah menjaga asupan gizi, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman dengan kalsium tinggi. Terlebih lagi pada saat masa pertumbuhan.

Sumber kalsium yang umum dikenal orang bisa terdapat pada susu, daging, ikan, buah, dan sayur mayur.

Kalsium merupakan elemen kimia yang memang dibutuhkan tubuh manusia untuk pengembangan, pertumbuhan, serta pemeliharaan tulang.

Tubuh manusia membutuhkan kalsium untuk menjaga kepadatan tulang supaya tulang menjadi kuat dan kokoh.

Perbanyak Minum Air Putih

Jangan anggap remeh air putih, karena air putih mengandung banyak manfaat salah satunya adalah dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Ketika tubuh bebas racun, maka metabolisme akan bekerja dengan baik yang tentunya berdampak baik terhadap perkembangan tubuh.

Perlu kamu ketahui, kebutuhan cairan setiap orang itu berbeda-beda. Namun, konsumsi air putih yang disarankan adalah sekitar delapan gelas berukuran 230 ml atau 2 liter per hari.

Tidur Malam Teratur Dengan Posisi Yang Tepat

Saat tidur, tubuh manusia akan melepaskan hormon HGH. Apabila kamu kurang tidur, tentu produksi hormon tersebut akan berkurang dan menghambat pertumbuhan.

Maka dari itu, kamu harus mencukupi Jam tidur setiap hari sesuai usia yang dianjurkan.

Berikut kebutuhan tidur berdasarkan usia sejak masa pertumbuhan:

  • 6-13 tahun: 9-11 jam/hari
  • 14-17 tahun: 8-10 jam/hari
  • 18-25 tahun: 7-9 jam/hari

Tak Hanya soal waktu, posisi saat tidur harus diperhatikan juga. Jangan sampai salah posisi, karena itu akan menghambat tinggi badan kamu.

Siapkan Suplemen Tubuh

Untuk kamu yang ingin memastikan tubuhmu mendapatkan asupan gizi yang cukup, kamu bisa menggunakan suplemen.

Namun, sebelum menggunakan suplemen, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terpercaya.

Nantinya dokter akan merekomendasikan jenis suplemen apa yang cocok dengan kondisi tubuhmu.

Lakukan Gerakan Yoga

Mirip dengan peregangan, yoga dikenal sebagai salah satu olahraga yang bisa memperbaiki dan menjaga postur tubuh.

Dengan rutin melakukan yoga, tubuhmu akan jadi lebih lentur. Pose yoga yang dapat merangsang pertumbuhan tinggi badan adalah pose kobra, tadasana, downward dog, shoulder stand, dan sebagainya. (sd)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *