Jangan Telat Ganti Oli Kalau Gak Mau Ditinggal Doi Mati

  • Whatsapp
Jangan Telat Ganti Oli Kalau Gak Mau Ditinggal Doi Mati

DI MASA adaptasi Kebiasaan Baru alias New Normal ini, sepeda motor masih menjadi moda transportasi andalan bagi masyarakat

Alasannya sih simple dan bahkan klise,  mudah untuk selap-selip di tengah kemacetan.

Read More

Dengan penggunaan yang tinggi, sepeda motor wajib mendapatkan perawatan berkala. Selain servis rutin, pemilik roda dua juga harus mengganti oli atau pelumas secara berkala, atau tepatnya ketika sudah 2 bulan pemakaian. Maka dari itu kamu harus rutin untuk mengganti oli mesin.

Bagi kaula muda, yang sering cuek bahkan pelupa, hal ini sangat membahayakan bagi keberlangsungan sepeda motor kamu, lho. Pasalnya, jika terlambat mengganti oli dengan melebihi batas jarak tempuh atau bulan, maka ada efek buruk bagi sepeda motor.

Jika dihitung-hitung, sebenarnya terlambat mengganti oli mesin justru malah merugikan kamu sendiri, bahkan kerugian yang ditimbulkan dari kebiasaan buruk ini, bisa jauh lebih besar ketimbang harga oli mesin itu sendiri.

Makanya, tidak ada solusi lain yang dapat dilakukan pemilik sepeda motor, kecuali rutin mengganti oli sepeda motor sesuai anjuran pihak pabrik. Jangan lupa, gunakan oli mesin dengan kualitas tinggi atau sesuai yang tertera dalam buku panduan saat kamu beli motor.

Info buat kamu, untuk jenis motor matik, jenis oli yang biasa sering diganti ada dua macam, Oli Mesin dan Oli Gardan.

Oli Mesin adalah zat yang berfungsi melumasi mesin. Banyak ragam dan macam oli mesin. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin. Sedangkan Oli Gardan atau gear pada motor matik berfungsi untuk melumasi sistem transmisi. Layaknya oli mesin, oli garden juga perlu diganti secara berkala.

So, selalu ingat jadwal servis dan penggantian Oli motor kamu, jika perlu buat reminder di SmartPhone mu, agar gak lupa ya. Dengan begitu, Umur sepeda motor mu juga awet sama Awetnya dengan umur kamu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *