Kabar Gembira! Dispersip Kalsel Akan Selenggarakan Talkshow Virtual Bagi Penggemar Anggrek

  • Whatsapp
Kabar Gembira! Dispersip Kalsel Akan Selenggarakan Talkshow Virtual Bagi Penggemar Anggrek
Talkshow Virtual ke-18 Dispersip Kalsel | Dispersip Kalsel

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali akan menyelenggarakan Talkshow Virtual ke-18 yang bertajuk “Anggrek Nusantara Mengali Kekayaan, Keindahan, dan Potensi Untuk Kesejahteraan Bangsa” pada Rabu (21/10/2020) mendatang.

Tentunya, hal ini akan menjadi angin segar bagi para penggemar Anggrek Banua untuk dapat melestarikan dan mengembangkan potensi dari bunga dengan nama latin Orchidaceae ini.

Read More

Menurut Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani, Talkshow Virtual ini merupakan salah satu wujud transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (PBIS).

“Kita seperti tidak kehabisan ide untuk melakukan gebrakan demi gebrakan semangatkan mengiatkan literasi di Banua kita, bahkan tema ini atas permintaan dari beberapa peserta yang telah mengikuti Talkshow Virtual sebelumnya,” ujar Bunda Nunung, sapaan akrab Kadispersip Kalsel.

Seperti yang diketahui, Kalimantan Selatan merupakan pusat persebaran Anggrek yang terletak di daerah Pegunungan Meratus.

Keanekaragaman anggrek yang ada di Kalimantan Selatan merupakan kekayaan alam yang tak ternilai harganya sehingga perlu dipelihara dan dilestarikan.

Terlebih lagi, status anggrek saat ini merupakan salah satu tumbuhan yang terancam punah karena eksploitasi berlebih maupun rusaknya lingkungan sehingga perlu dilakukannya upaya konservasi.

Untuk itu, dalam Talkshow Virtual nantinya akan ada tiga topik pembahasan yaitu pemanfaatan dan pengembangan anggrek nusantara disampaikan oleh Dr Dewi Sukma SP MSi, dosen Bioteknologi Tanaman di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan juga sebagai peneliti anggrek nusantara.

Kedua yaitu keragaman, keindahan, dan potensi anggrek Kalimantan yang akan disampaikan Ir Hj Rodinah MS, dosen Prodi Agronomi dan Kepala Laboratorium Kultur Jaringan Fakultas Pertanian Universita Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. Akademisi ULM ini banyak bergelut didalam kultur jaringan anggrek hitam, anggrek tebu, anggrek bulan, serta kultur jaringan pisang talas.

Ketiga yaitu teknik budidaya dan peluang sukses bisnis anggrek yang akan disampaikan oleh Romiyadi, owner Sahaja Orchids Bandung, juga dosen Prodi Agroteknologi di Universitas Winaya Mukti (Unwim) Sumedang, seorang pemulia tanaman anggrek.

Sebagai pemandu jalannya acara akan dimoderatori oleh Nove Arisandi, Penelaah Difusi dan Alih Teknologi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Banjar dan juga sebagai praktisi.

“Diharapkan dengan adanya talkshow ini akan menambah wawasan serta kekayaan keanekaragaman hayati terutama Anggrek,” pungkas Kadispersip Kalsel. (hum)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *