Kabupaten Banjar Akan Berikan Vaksin Covid-19 Dalam Empat Tahap

  • Whatsapp
Kabupaten Banjar Akan Berikan Vaksin Covid-19 Dalam Empat Tahap
Kadinkes Banjar saat memberikan informasi mengenai Vaksin Covid-19

Seiring kebijakan pemerintah pusat untuk mendatangkan vaksin Covid-19 Sinovac untuk nantinya diberikan kepada masyarakat guna memutus rantai penyebaran Covid-19, saat ini vaksin tersebut telah tiba di Provinsi Kalimantan Selatan dan siap didistribusikan.

Vaksin Sinovac sendiri merupakan vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan biofarmasi Tiongkok, Sinovac, dan telah menjalani penelitian klinis tahap III di sejumlah negara, seperti Brasil, Chili, Turki dan Indonesia. Sejauh ini, Instituto Butantan dari Brasil mengumumkan bahwa vaksin ini 78% efektif pada kasus ringan dan 100% efektif melawan infeksi berat dan sedang berdasarkan 220 kasus COVID-19 dari 13.000 sukarelawan tanpa merinci bagaimana tingkat efikasinya dihitung.

Read More

Terkait hal tersebut, pendistribusian Vaksin Sinovac telah sampai ke beberapa provinsi, termasuk Kalimantan Selatan dan nantinya akan dibagikan ke kabupaten-kabupaten.

Dalam tahap awal, Kabupaten Banjar akan mendapatkan sekitar 3600 vaksin dan tinggal menunggu pendistribusiannya.

“Vaksin ini nantinya akan diberikan dalam empat tahap, dimana pada tahap awal akan diberikan pada Januari hingga April 2021,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Banjar, dr Diauddin, Selasa (12/1/2021).

Ia menerangkan, dalam tahap awal ini, vaksin tersebut akan diberikan kepada tenaga kesehatan (Nakes).

“Tahap berikutnya, yaitu tahap kedua untuk TNI, Polri, dan Petugas pelayanan Publik, serta tahapan ketiga dan keempat untuk masyarakat umum dengan target selesai pada tahun 2022,” sebut Diauddin.

Ia menambahkan, vaksin untuk masyarakat akan diberikan dari rentang usia 18 sampai 59 tahun.

“Wait and See perihal vaksin ini, kita sama-sama melihat bagaimana nanti hasil dari tahap awal ini yang diberikan kepada para Nakes. Jadi, jangan berasumsi negatif dulu,” tutup Kadinkes Kabupaten Banjar. (Hum/ras)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *