Kapan Bisa Masuk Sekolah Lagi?

  • Whatsapp
Kapan Bisa Masuk Sekolah Lagi?

Sekali waktu, saya senang berdiskusi dengan diri sendiri. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, aktifitas kesendirian jauh lebih rutin ketimbang bersama teman-teman nongkrong di kedai kopi.

Meski awalnya semangat untuk menghindari virus Covid-19, lama-lama berasa bosan juga. Keinginan untuk bisa jalan-jalan ke taman, berlibur ke pantai, atau sekadar menghabiskan malam bersama kawan-kawan saya kira manusiawi.

Read More

Mendadak Ketika PSBB

Sungguh, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kemarin membuat segala sesuatunya berubah. Setiap orang menciptakan kesibukannya masing-masing selama di rumah. Ada yang mendadak hobi masak. Ada yang mendadak suka bernyanyi. Ada yang mendadak nulis novel. Ada yang mendadak hobi berkebun. Ada pula yang mendadak keranjingan curhat di media sosial.

Tersebab mendadak, tak banyak persiapan matang untuk menjalani hari-hari yang dipaksa keadaan. Tak heran, ketika memasuki New Normal, banyak pihak menyambut gembira. “Kegaduhan-kegaduhan” kecil mulai terdengar di sana – sini.

Merayakan New Normal

Covid -19 belum selesai, tapi New Normal patut dirayakan, anggap saja begitu. Pintu-pintu pertokoan pun dibuka, lantai yang berdebu di bikin kinclong kembali. Demikian juga mall, warung makan, hotel, losmen, penginapan, salon, kedai kopi, bersiap diri menyambut kedatangan para pelanggan.

Hanya berselang hari, keramaian di luar sana pun terlihat sudah seperti sedia kala. Anak-anak remaja ramai berkumpul dibanyak tempat dari siang hingga malam. Lampu-lampu warung penjaja makanan serentak menyala kembali menghiasi wajah kota.

Begitulah, segala yang sempat hilang sedang direbut agar menjadi ada kembali. Seperti dulu, tatkala virus Covid-19, bahkan namanya pun tak pernah ada.

Namun, dari sekian banyak kelonggaran yang diberikan New Normal, satu pertanyaan yang masih menyisa, kapan sekolah dibuka kembali? Memangnya kenapa sekolah masih harus tutup sementara yang lain diijinkan beraktifitas.

Kementerian Paling Santai

Jujur, saya sempat berpikir nakal. Jika ada pertanyaan, kementerian apakah yang paling santai saat ini, kemungkinan Kementerian Pendidikan. Lembaga ini tidak akan disalahkan dari kasus Covid -19 karena anak-anak sedang ‘dirumahkan’ dan menjadi tanggung jawab orang tua masing-masing.

Lembaga ini paling banter dihujani pertanyaan, kapan masuk sekolah lagi. Memangnya Kementerian Pendidikan tak bisa mengatur protokol kesehatan di sekolah? Kenapa yang lain justru bisa dan dibisa-bisakan?

Saya sudah membaca beberapa referensi yang menjawab pertanyaan tersebut. Ujungnya menghindari Covid -19, bukan?

Pertanyaan mendasar, kenapa yang lain bisa dibuatkan protokol kesehatan, sementara lembaga pendidikan yang ‘terdidik’ tidak bisa? Bahkan, Pilkada Serentak 2020 saja akan bisa dilaksanakan disituasi pandemi?

Pertanyaan ‘kapan bisa sekolah lagi’ bukan berarti saya mendukung agar sekolah segera dibuka kembali. Menghindari Covid -19 memang menjadi prioritas saat ini, namun saya cuma heran, keramaian di luar sana itu apa dan kenapa? []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *