Kelebihan Adobe Lightroom dalam Editing Foto

  • Whatsapp
Kelebihan Adobe Lightroom dalam Editing Foto

MENGEDIT FOTO merupakan keahlian yang harus dimiliki setiap orang di era sosial media sekarang ini. Bagaimana tidak, sebagai pengguna media sosial, terutama media sosial yang menampilkan foto sebagai kekuatan utamanya–seperti instagram–kamu tentu tahu bahwa foto yang bagus tidak selalu berasal dari kamera yang bagus pula; ada sentuhan editing di sana-sini untuk memoles foto sehingga nampak sempurna.

Ada banyak sekali aplikasi editing foto yang bisa kamu temui di playstore, saking banyaknya, kadang kita bingung memilih mana yang lebih baik sehingga menginstal dan mencoba satu persatu. Ribet dan melelahkan, bukan?

Read More

Untuk sedikit memudahkan kamu, berikut ini akan saya ulaskan salah satu aplikasi edit foto yang sering saya pakai: Adobe Lighrroom.

Adobe Lightroom merupakan aplikasi dari Adobe yang sering dipakai para fotografer profesional untuk mengedit foto hasil jepretan mereka. Ada banyak fitur khusus dan kelebihan dari aplikasi ini sehingga ia digunakan bahkan oleh seorang profesional.

Lightroom bisa kamu gunakan untuk image organizer dan image manipulation. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan import dan esport, menyimpan, melihat, mengatur, menandai, serta mengedit foto yang sudah kamu ambil sebelumnya.

Aplikasi ini sangat identik dengan editing warna dan pencahayaan–inilah yang menjadi pembeda antara Lightroom dan aplikasi editing foto keluaran adobe yang lain.

Aplikasi yang tersedia untuk PC dan Mobile ini memiliki banyak sekali kelebihan, beberapa di antaranya adalah:

 

Support Format File RAW

Bagi fotografer profesional, sangat disarankan untuk mengambil foto dengan format RAW. Tapi kadang permasalahn timbul ketika hendak mengedit foto tersebut, sebab jarang sekali ada aplikasi editing foto, terutama di smartphone, yang mendukung untuk mengedit foto dengan format RAW tersebut.

Dari sedikit aplikasi yang mendukung format RAW itu, salah satunya adalah Lightroom. Di aplikasi ini kamu bisa mengimpor dan mengedit foto dengan format RAW lewat smartphone saja.

 

Singkronisasi Cloud

Kelebihan yang satu ini sangat berguna buat kamu yang hobi editing foto. Singkronisasi Cloud ini memungkinkanmu untuk menyelesaikan mengedit foto lewat PC meski kamu memulai edit foto tersebut lewat smartphone.

 

Editing Tool komplit

Lightroom memiliki berbagai macam  tool yang bisa digunakan untuk editing foto, mulai dari mengatur kontras, highlightvibrance, hingga saturasi.

Kamu juga bisa menambahkan berbagai tekstur yang membuat foto semakin menarik.

 

Menyimpan Preset

Setelah selesai mengedit foto, kamu bisa menyimpan data setiap langkah yang dilakukan dalam proses editing foto tersebut dalam bentuk preset yang akan bisa dipakai di foto-foto lainnya.

Dengan itu, kamu tak lagi perlu untuk mengulang langkah demi langkah dari awal jika hendak mengedit foto lainnya dengan hasil yang sama.

Kamu juga bisa mendowload preset yang sudah dibuat orang lain dan menerapkannya ke foto kamu. Asik banget, kan?

 

Begitulah tadi beberapa kelebihan aplikasi editing foto Adobe Lightroom yang bisa kamu pakai untuk mempercantik foto hasil jepretan kamu sebelum mengunggahnya ke media sosial. Jika kamu tahu aplikasi editing bagus lainnya, jangan sungkan berbagi di kolom komentar ya…(am/ras)

Ali Muhammad

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *