Kenalkan Pentingnya Sejarah dan Budaya, Museum Lambung Mangkurat Gelar Ceramah dan Dialog dengan Guru

  • Whatsapp
Kenalkan Pentingnya Sejarah dan Budaya, Museum Lambung Mangkurat Gelar Ceramah dan Dialog dengan Guru

SETELAH sukses mengadakan ceramah dan dialog permuseuman sejarah dan kebudayaan untuk guru di Hulu Sungai Tengah, Museum Lambung Mangkurat kembali menggelar kegiatan serupa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kamis (24/11/20).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Museum Rakyat HSS ini dilaksanakan dua gelombang pada hari yang sama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan—pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Read More

Untuk gelombang pertama, ceramah dan dialog ini dihadiri oleh 50 peserta dari guru Sekolah dasar, sementara gelombang kedua dihadiri oleh guru SMP dan Mtsn.

“Kegiatan ini bertujuan untuk guru-guru agar mengenalkan pentingnya sejarah dan budaya kepada anak didik,” ucap Plt Kepala Museum Lambung Mangkurat, Abdul Rahim.

Menurutnya, di era globalisasi ini, generasi milenial memang lebih mudah mengakses banyak hal tetapi sejarah dan budaya kita sendiri jarang sekali yang jadi perhatian mereka, sehingga sejarah dan budaya hampir dilupakan.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, guru-guru bisa menginformasikan dan menyampaikan lewat pembelajaran sejak dini di kalangan siswa sekolah dasar dan menengah agar meraka tahu sejarah dan kebudayaan di daerah sendiri, baik dengan cara pembelajaran formal di sekolah atau pun lewat pembelajaran non formal dengan mengunjungi museum dan tempat-tempat bersejarah,” sambungnya.

Selain itu, Abdul Rahim juga berharap para pendidik, pelaku sejarah dan kebudayaan, serta masyarakat mampu untuk melestarikan sejarah dan kebudayaan, terutama sejarah dan budaya Kalimantan Selatan yang notabene merupakan warisan dari nenek moyang orang-orang Kalimantan Selatan sekarang ini.

“Menjaga warisan itu bukan tanggung jawab perorangan, itu adalah tanggungjawab kita bersama,” tutup Abdul Rahim. (rg/ras)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *