Ketua DPRD Kabupaten Banjar Usulkan Pengadaan Perahu Karet dan Kapal

  • Whatsapp
Ketua DPRD Kabupaten Banjar Rofiqi SH

Ketua DPRD Kabupaten Banjar H Muhammad Rofiqi SH menghendaki supaya Pemkab Banjar menganggarkan pengadaan perahu karet dan kapal. Hal ini ia sampaikan pada rapat koordinasi evaluasi musibah bencana banjir dan pasca banjir yang terjadi di akhir 2020 dan awal tahun 2021.

Melalui rapat koordinasi yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Banjar, Rofiqi menyebutkan, agar dianggarkan pengadaan perahu karet untuk setiap kecamatan di Kabupaten Banjar.

“Anggarkan perahu karet setiap kecamatan,” usul dia, di hadapan anggota legislatif dan eksekutif Banjar, Senin (25/1/2021) tadi.

Read More

Rofiqi yang terjun langsung ke lapangan untuk meninjau sekaligus menyerahkan bantuan logistik dan evakuasi korban bencana banjir, menyatakan pentingnya kebutuhan perahu karet dan kapal di saat terjadi musibah bencana banjir.

Di tempat terpisah, Said Ahmad yang merupakan warga Desa Tanjung Rema Kecamatan Martapura menyatakan hal senada tentang perlunya pengadaan perahu karet.

Menurutnya, sangat dirasakan betapa sulitnya pendistribusian logistik dan evakuasi. Sat transportasi darat tidak berfungsi maka tranportasi air menjadi berperan penting dan diutamakan.

Ia malah mengusulkan pengadaan perahu karet itu dianggarkan pemerintah daerah untuk setiap barisan pemadam kebakaran yang ada di Kabupaten Banjar, terlebih utama berada di daerah rawan bencana banjir.

“Bagaimana bisa mendistribusikan dan evakuasi kalau tidak ada memiliki alat transportasi air yang bisa menjangkaunya,” kata Said Ahmad.

Ketika relawan dan bantuan logistik berdatangan dari berbagai arah, tapi terkendala untuk pendistribusian dan evakuasi secara dini terhadap para korban bencana banjir.

“Itu kesulitan yang terjadi saat ini dialami para relawan setempat untuk memberikan bantuan,” katanya.

Memang, ada beberapa relawan dan barisan pemadam kebakaran mempunyai perahu karet. Hanya saja, keterbatasan jumlah dengan luas wilayah bencana tentu tidak mencukupi.

Ia sendiri menyaksikan ada juga relawan yang membikin dan memodifikasi alat transportasi air, uji coba jalan di irigasi setempat. (ras/hip)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *