Kopi Joss, Kopi Unik Yang mengandung Khasiat

  • Whatsapp
Kopi Joss, Kopi Unik Yang mengandung Khasiat
kopi arang atau kopi joss | net

Kopi dan masyarakat Indonesia memiliki hubungan yang sangat erat, hal ini melahirkan beragam penyajian yang khas di daerah-daerah tertentu.

Salah satu cara penyajian khas yang terkenal dan unik adalah kopi arang atau yang akrab disebut kopi joss di Jogja. Di kota asalnya, minuman ini dapat ditemui di deretan warung angkringan kopi joss Jogja di sekitar Malioboro dan Stasiun Tugu.

Read More

Istilah penamaan “joss” diambil dari suara arang panas saat dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air seduhan kopi. Bahkan, di kalangan wisatawan mancanegara, minuman ini dikenal sebagai charcoal coffee.

Di balik keunikannya, perpaduan kopi dan arang ini ternyata mengandung khasiat. Masyarakat lokal percaya bahwa khasiat kopi arang adalah untuk detoksifikasi. Sebab, ketika arang dipanaskan pada suhu tertentu, arang tersebut akan menjadi karbon aktif yang mampu mengikat racun. Ditambah lagi, kopinya sendiri merupakan antioksidan alami yang mampu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Bagi penderita perut kembung dan mulas yang membuat badan terasa tidak enak, salah satu cara untuk mengobatinya adalah dengan meminum kopi arang. Kandungan bubuk arang aktif yang didapatkan dari arang yang dipanaskan yang dapat mengobati penyakit seperti asam lambung, kembung, masuk angin, dan juga panas dalam.

Nah karena keunikan dan khasiatnya inilah, Kopi arang yang dipopulerkan di Jogja kini tersebar di Nusantara salah satunya di daerah kamu. Tak ada salahnya kalau kamu mencoba kopi arang. Tapi ingat !!! yang arangnya jangan dimakan ya. hihihi…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *