Lengkap, Manfaat Jambu Kristal untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp
manfaat jambu kristal untuk ibu hamil
manfaat jambu kristal untuk ibu hamil

Jambu Kristal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Manfaat jambu kristal untuk ibu hamil dapat meningkatkan asupan nutrisi  untuk mencegah berbagai macam kemungkinan buruk. Vitamin dan mineral yang terdapat di dalam Jambu kristal bernama folat merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan bagi ibu hamil.

Sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu jambu kristal. Melihat dari tampilan fisiknya, jambu kristal memang mirip jambu biji pada umumnya. Memang, kalau soal harga, jambu kristal sedikit lebih mahal.

Read More

Eits, di balik harga jambu kristal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam artikel ini, hanya khusus membahas jambu kristal bagi ibu hamil, lain waktu akan dibahas manfaat jambu kristal lainnya.

Selain memberikan manfaat kesehatan, jambu kristal juga memiliki perbedaan spesifik yang mencolok. Yakni, daging buahnya tebal  dan renyah disertai dengan kandungan air yang banyak. Selain itu, jumlah biji jambu kristal juga sangat minim, sehinga banyak orang menyebutkan nyaris jambu biji tanpa biji.

Asal Usul Jambu Kristal

Varietas jambu kristal pertama kali ditemukan pada tahun 1991 di distrik Kao Shiung Taiwan dan diyakini mutasi dari jenis jambu Muangthai Pak.

Lembaga pertama yang mengembangkan jambu unggul ini adalah Institut Pertanian Bogor (IPB). Sejak saat itu, persebaran jambu kristal meluas dan semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Kandungan dalam Jambu Kristal

Nutrisi paling khas dari jambu kristal adalah kandungan vitamin C yang jumlahnya bisa mencapai dua kali lipat dari jeruk. Jambu kristal juga merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Jenis serat yang paling banyak terdapat pada jambu kristal adalah pektin.

Manfaat Jambu Kristal bagi Ibu Hamil

  1. Terkadang ibu hamil mengalami masalah kolesterol. Senyawa pektin yang ada di dalam jambu kristal akan mampu menurunkan kolesterol tersebut melalui sistem pembuangan.
  2. Penting bagi ibu hamil untuk menjaga sistem pencernaan, kelancaran sirkulasi darah, serta menangkal serangan virus. Senyawa tanin dalam jambu kristal ampuh untuk menjaga kesehatan tersebut.
  3. Ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi, sangat disarankan mengonsumsi jambu kristal karena kandungan kalium yang ada di dalamnya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Bertambah gemuk menjadi masalah serius bagi ibu hamil, karena mengalami kegemukan dapat mengganggu perkembangan janin dalam proses persalinan. Mengonsumsi jambu biji secara rutin setiap hari telah terbukti dapat menjaga berat badan ibu hamil.
  5. Mengonsumsi jambu kristal ketika hamil akan membantu menekan risiko penyakit diabetes gestational, karena kandungan gula alami di dalamnya lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh. Di samping itu, zat besinya berguna untuk mencegah penyakit anemia pada ibu hamil. Zat besi tersebut berperan sebagai zat pembentukan hemoglobin.

Cara Konsumsi Jambu Kristal buat Ibu Hamil

Ada dua cara mengonsumsi jambu kristal selama kehamilan agar memberikan manfaat kesehatan bagi ibu dan janin. Pertama, dengan cara langsung berupa irisan atau potongan. Kedua, diolah menjadi minuman jus jambu kristal.

Satu hal yang perlu diperhatikan, disarankan tidak mengonsumsi jambu kristal atau jambu biji dalam jumlah banyak (berlebih) karena justru akan memberikan efek buruk, yakni diare.

Khusus untuk ibu hamil, disarankan pula mengonsumsi Jambu Kristal dengan mengupas sebagian kulitnya terlebih dahulu dan membuang bijinya. Ini juga berlaku untuk semua jenis jambu biji.

Bagi Anda yang sedang hamil dan sering mengalamai mual di pagi hari (morning sickness), konsumsilah jambu kristal di pagi hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment