Maksimalkan Instagram Bisnis untuk Mendongkrak Penjualanmu

  • Whatsapp
Maksimalkan Instagram Bisnis untuk Mendongkrak Penjualanmu

SEBAGAI media sosial yang sangat digemari berbagai kalangan, instagram menawarkan banyak sekali fitur untuk para penggunanya, salah satunya adalah fitur Instagram Bisnis yang bisa dengan efektif mempromosikan bisnis online seseorang.

Dengan instagram bisnis, kamu dapat melakukan branding dan menjangkau audiens secara luas, bahkan jika misalnya kamu sudah lebih dulu memiliki website untuk usahamu, kamu bisa tetap menggunakan instagram bisnis sebagai pendukung untuk meningkat traffic kunjungan.

Read More

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Apa saja manfaatnya? Dan, bagaimana memaksimalkan fitur yang telah tersedia di dalamnya?

Oke, baiklah. Pertanyaan-pertanyaan di atas akan kami jawab satu per satu dalam penjelasan singkat di bawah ini.

 

Cara membuat akun instagram bisnis

Membuat instgram bisnis sebenarnya sama saja dengan membuat instagram untuk akun pribadi. Bahkan, tanpa harus membuat akun baru, kamu bisa menjadikan akun instagram kamu sekarang ini menjadi akun bisnis dengan sangat mudah.

Login akun instagram kamu

Caranya adalah: login di aplikasi instagram kamu dengan akun yang kamu miliki. Buka settings yang terdapat di pojok kanan atas profil (ikon 3 baris). Setelah itu kamu tinggal klik switch ti profesional account.

Tentukan kategori bisnismu

Jika langkah pertama sudah dilakukan, berikutnya kamu akan dipinta untuk menentukan jenis profil akunmu. Pilihlah profil business. Setelah itu tentukan kategori bisnismu.

Mengisi data kontak dan lokasi

Langkah ketiga, kamu akan dibawa ke halaman review halaman kontak. Di sana, kamu perlu mengisi beberapa data yang belum lengkap seperti nomor telepon dan lokasi bisnis yang sedang kamu jalankan.

Hubungkan ke Facebook page

Ini adalah langkah opsional, artinya kamu bisa memilih untuk melakukannya atau tidak. Hanya saja, saya menyarankan untuk lakukanlah langkah ini. Sebab, menghubungkan ke halaman facebook bertujuan untuk mengaktifkan konten di halaman tersebut secara otomatis setiap kali kamu memposting di instagram.

Lengkapi data profil

Kamu sudah sampai di langkah terakhir dalam pembuatan akun instagram bisnismu. Di tahap ini, lengkapilah data profil kamu berupa nama, website, foto, dan hal-hal yang kamu rasa perlu.

 

Manfaat Instagram Bisnis

Selain gratis, ada banyak sekali manfaat yang bisa menguntungkanmu dalam menggunakan instagram bisnis. Di antaranya adalah berikut ini:

Instgram Insight

Fitur ini merupakan tolls analytics yang memungkin kamu untuk melihat data setiap aktivitas yang terjadi di akun milikmu. Di sini, kamu bisa melihat kamu bisa melihat performa akun instagram-mu dari skala; impresi, jumlah followers, demografi, dan bahkan jam favorit pengunjung pun bisa kamu ketahui.

Instagram Ads

Dengan bantuan ads, kesempatanmu untuk menjangkau lebih banyak audiens semakin besar. Kamu bisa menargetkan audiens secara lebih spesifik berdasarkan usia, demografi, dan lain sebagainya.

Iklan kamu dapat muncul secara otomatis di berabagai titik saat audiens scrolling down instgram mereka. Kamu juga bisa menampilkan iklan di sela-sela stories mereka.

Tombol kontak dan email

Di akun instagram binsis, ada banyak fitur tambahan yang tidak ditemukan di akun instagram personal, salah satunya adalah button berupa Call dan Email yang terdapat di halaman profilmu.

Dengan fitur ini, audiens lebih gampang menghubungimu dengan mengklik salah satu tombol tersebut.

Info kategori bisnis

Di fitur ini, kamu bisa menampilkan informasi bisnis yang kamu jalani. Informasi ini akan otomatis muncul pada bagian atas profil, sehingga audiens dapat dengan mudah mengenal bidang bisnis apa yang sedang kamu tawarkan.

 

Maksimalkan Instagram Bisnismu

Jika kamu sudah  membuat akun instagram bisnis, akan sangat sayang jika kamu tak maksimalkan. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan instagrammu;

Tentukan Target

Menentukan target audiens merupakan langkah wajib yang tak boleh dilewatkan. Gunakan waktu sebanyak mungkin untuk melakukan riset audiens yang tepat. Biasanya langkah ini dilakukan dengan cara menyesuaikan produk/bidang bisnis yang kamu miliki.

Misalnya, kamu menjual produk kecantikan untuk remaja, maka targetkan postinganmu untuk perempuan yang berumur remaja dan tertarik terhadap produk kecantikan yang kamu jual.

Optimalkan Profil Instagram bisnis

Dalam pengoptimalan profil instagram, kamu bisa menggunakan sorotan dari instagram stories kamu sehingga audiens bisa melihat produk dan hal-hal yang berkaitan dengan apa yang kamu jual–seperti video toturial, event, promo, give away dll.

Membuat jadwal posting

Riset mengatakan, waktu ideal untuk memposting konten di instagram adalah antara jam 9-11 pagi.

Namun, harus kamu ketahui, setiap produk/jenis konten tidak selalu memiliki jam ideal yang sama.

Untuk mengetahui kapan waktu terbaik memposting produk jualanmu, kamu bisa melakukan percobaan beberapa kali, lihatlah hasilnya dari fitur insight instagram. Dari sana kamu bisa tahu kapan audiens-mu ramai dan kapan sepi.

Jika sudah mengetahi jam ideal untuk memposting, kamu bisa membuat jadwal posting dengan menggunakan tools yang bisa membantumu dalam mengatur jadwal postingan.

Beberapa tools yang bisa kamu gunakan adalah: Hootsuite, ScheduGram, Later, ViralTag.

Buat konten menarik

Instagram adalah media sosial yang berfokus pada visual. Jadi sangat penting untuk menyiapkan konten semenarik mungkin yang bisa memikat audiens.

Usahakan untuk tidak melulu memposting produk jualanmu sehingga terlihat seperti memaksakan untuk dilihat. Perbanyak variasi konten menarik yang bisa mengajak audiensmu tertarik, seperti; membuat video di IGTV, Promosi diskon/giveaway, membuat sotries, memakai fitur instagram ads, lakukan analisis akun untuk tahu seberapa menarik kontenmu di mata audiens, dan banyak lainnya.

 

Jadi, sudah siap menggunakan instagram bisnis untuk menunjang bisnis online-mu sekarang? (rg/ras)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *