Manfaat Madu yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

  • Whatsapp
Manfaat Madu yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Manfaat madu yang banyak sekali sudah bukan merupakan rahasia lagi. Dari kesehatan hingga kecantikan.

Dalam sejarah, madu bahkan sudah dijadikan obat tradisional sejak zaman dahulu.

Read More

Madu memiliki campuran senyawa fruktosa (38.5 persen) dan glukosa (31 persen). Selain itu, hasil produsen lebah ini juga memiliki kandungan karbohidrat seperti sukrosa, maltrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya.

Madu juga mengandung anti-oksidan dari senyawa chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Semua kandungan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat madu yang mungkin belum kamu ketahui;

Mencegah Diabetes

Penyakit yang satu ini disebabkan kadar gula darah yang terlalu tinggi lantaran banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Anda sebaiknya mengganti gula dengan madu sebagai pemanis. Madu memiliki kombinasi fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gular darah.

Mencegah Kanker dan menyehatkan jantung

Madu mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal pertumbuhal sel-sel jahat dalam tubuh, termasuk kanker.

Tak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker, madu juga bisa meningkatkan kesehatan jantung berkat kandungan antioksidan dan flavonoid. Madu juga dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah, sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian di School od Medicine, Cardiff University, Inggris, madu dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh. Berkat nutrisi dalam madu, metabolisme dan stamina tubuh akan meningkat.

Madu turut andil dalam mendetoks bakteri yang dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit. Itulah mengapa madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal segala penyakit.

Menurunkan Kolesterol dan Berat Badan

Madu sejak dulu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mengecilkan perut buncit.

Madu juga dipercaya mampu menurunkan badan. Anda bisa mencampurkan madu dengan air hangat dan perasan lemon atau jeruk nipis. Kedua bahan tersebut ampuh mengecilkan perut secara alami.

Madu dan jeruk nipis mampu mendorong pembakaran lemak secara efektif. Selain itu, bahan ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Sehingga lemak dan sisa makanan tidak terlalu lama mengendap dalam tubuh.

Madu untuk ibu hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil sangat banyak, antara lain; menambah tenaga, memperkuat daya tahan tubuh selama kehamilan, meningkatkan nafsu makan, memudahkan bab, membantu janin tumbuh dan berkembang dengan sehat, menguatkan janin, mengurangi rasa mual, dan mencegah ibu hamil terserang berbagai penyakit.

Manfaat madu untuk kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, madu yang kaya akan anti-oksidan ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Beberapa di antaranya; pelembab wajah kering, mengangkat sel mati, menghilangkan komedo, menyamarkan bekas jerawat, melembabkapn bibir, menguatkan rambut, menghitamkan rambut, membasmi kutu rambut, serta banyak lagi yang lainnya.

 

Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *