Mengenal Manday Kuliner Khas Kalimantan

  • Whatsapp
Manday Cempedak Kalimantan

Apa itu manday? tanya salah seorang ketika tim lini Banaran Food turun ke jalan menjajakan makanan khas Banjar, Kalimantan Selatan. Dari pengalaman tersebut, meski di Banjar sendiri, Manday sudah menjadi makanan favorit, faktanya masih banyak orang di luar sana belum mengenal baik jenis kuliner khas Kalimantan yang satu ini.

Menurut Wikipedia, manday, atau mandai, adalah salah satu jenis lauk alternatif dari daerah Kalimantan Selatan. Mandai disebut juga dengan Mandai Basang atau kulit buah Cempedak yang digoreng. Orang Banjar biasanya menyebut makanan dari kulit cempedak ini dengan Manday tetapi ada juga yang menyebutnya dengan Dami.

Read More

Manday Cempedak

Umumnya, mandai terbuat dari daging cempedak. Jadi bukan kulitnya. Ciri dan bentuk buah cempedak persis nangka. Hanya saja cempedak berbentuk lonjong, berukuran kecil dengan wangi yang khas ketika masak.

Dari cempedak ini kemudian bisa diolah berbagai jenis kuliner. Buahnya yang berwarna kuning dan harum bisa langsung di makan ketika sudah masak, namun akan lebih nikmat ketika dijadikan bahan gorengan bercampur tepung dan memakannya ditemani kopi atau teh panas.

Setelah buahnya dimanfaatkan sebagai gorengan, masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan memanfaatkan daging cempedak untuk diolah menjadi lauk alternatif. Bisa digoreng atau dioseng. Cara mengolah manday cempedak sendiri pun cukup mudah.

Gorengan buah cempedak atau manday ini akan mudah ditemui di pasaran di waktu-waktu tertentu, menunggu musim buah cempedak.

 Manday Nangka

Jika tekstur daging cempedak mirip dengan nangka, apakah lantas buah nangka juga bisa dimanfaatkan menjadi manday? Ya, bisa. Hanya saja rasanya tak senyaman manday cempedak. Meski demikian, daging buah nangka tetap bisa diolah sebagai manday sambil menunggu musim buah cempedak tiba.

Cara Membuat Manday

Membuat manday terbilang sederhana dan sangat mudah. Simak ulasannya di bawah ini:

  • Kulit cempedak bagian luar (berwarna kuning) dikupas dan diambil bagian dalamnya (berwarna putih).
  • Dipotong-potong sesuai selera.
  • Dibersihkan dan direndam dengan air bersih. Semakin lama rendaman, daging cempedak akan semakin lunak dan enak.
  • Setelah diangkat dari rendaman, Manday dicuci lagi, diperas, dipotong kecil-kecil sesuai selera
  • Tambahkan garam secukupnya
  • Simpan di dalam toples dan tunggu beberapa hari kemudian sampai daging manday menjadi lunak

Aneka Masakan Manday Khas Banjar

Manday yang sudah jadi dapat diolah berbagai macam jenis kuliner. Di Banjar sendiri ada oseng-oseng manday, tumis manday, gorengan manday dan lain-lain. Untuk menjadikannya lauk alaternatif dan enak di makan, olahan manday yang tersimpan di dalam toples tadi masih memerlukan tambahan bumbu ketika diolah menjadi masakan.

Manday dan Banaran Food

Banaran Food kalimantan

Banaran Food adalah lini usaha dibidang kuliner yang mengemban misi selain usaha juga mengembangkan dan memperkenalkan berbagai macam jenis masakan khas Banjar.

Salah satunya adalah Manday. Melalui Dapur Banaran, berbagai makanan khas Banjar diolah dan dipasarkan baik secara online dan offline. Silakan follow akun official instagram Banaran Food di @banaranfoodkalimantan 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *