Mengenal Sistem Promosi Iklan dengan PPC, PPV dan PPD

  • Whatsapp
Mengenal Sistem Promosi Iklan dengan PPC, PPV dan PPD

Sebenarnya istilah Pay Per Click, Pay Per View, dan Pay Per Day sudah lama digaungkan dan tidak asing bagi pengguna internet, khususnya pelaku bisnis atau usaha yang memanfaatkan digital marketing. Pola-pola periklanan online pun sebenarnya tidak hanya terbatas 3 jenis tadi, masih banyak lainnya.

Trend advertising online atau periklanan online ini semakin meluas sejak Google gencar memperkenalkan produk layanannya melalui Google Adword. Sudah banyak kesuksesan para pelaku usaha setelah memanfaatkan jasa besutan google tersebut. Produk-produk yang mereka pasarkan laku di pasaran,

Read More

Apakah iklan Adword gratis? Jawabannya tidak, namun sebagai pengusaha Anda sudah seharusnya menyediakan budget promosi. Sebagai pengusaha, Anda pun seharusnya bisa berhitung peluang untung dan rugi dengan budget promosi tersebut. Sebagai pengusaha pula, Anda sudah semestinya memiliki strategi promosi iklan yang akan diluncurkan selanjutnya.

Jika Anda berpikir lebih baik beriklan sendiri di sosmed dan gratis, hal ini sudah kami singgung di artikel sebelumnya¬† yang berjudul “New Normal, Cara Bangkit Mempromosikan Usaha Anda Mulai 10 Ribu” sebaiknya Anda baca dulu.

Kita mulai saja pembahasan terkait Pay Per Click, Pay Per View dan Par Per Day:

Pay Per Click

PPC adalah salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh audiens. Sistem periklanan ini umum digunakan oleh perusahaan besar seperti Google dan Facebook. Biaya per click biasanya ditentukan berdasarkan target keyword dan tinggi rendahnya volume pencarian. Ada yang cuma RP.500 sampai Rp.50.000, bahkan lebih.

Sistem ini menguntungkan pengiklan karena hanya membayar per Klik iklan. Meskipun jutaan kali dilihat, jika tidak ada yang mengklik, maka Anda tidak mengeluarkan uang. Untuk Google sendiri menerapkan deposit saldo minimal Rp.500.000 sebelum iklan tayang. Saldo tersebut akan berkurang sendiri setiap terjadi klik.

Apakah aman? Tidak ada kecurangan klik? Tidak ada yang aman di dunia online, namun kekhawatiran pengiklan tersebut selalu diantisipasi dengan Click Fraud System. Artinya, secara teknologi telah disiapkan untuk memilah klik iklan yang dilakukan berkali-kali oleh orang melalui IP Address yang sama. Click Fraud akan dinyatakan tidak sah dan Anda cukup membayar yang sah saja

Pay Per View

Pay per View (PPV) merupakan sistem iklan di mana Anda hanya perlu membayar setiap view (tayangan) pada banner promosi Anda. Biaya iklan ini biasanya jauh lebih murah namun tidak bisa diklik mengarah situs bisnis atau landing page Anda.

Desain iklan Anda harus benar-benar diperhitungkan agar berpotensi meraih penjualan yang siginifikan. Biasanya, orang memilih Pay Per View lebih untuk memperkenalkan Brand/Merk. Meski demikian, bukan berarti untuk jualan produk tidak layak, seperti yang tadi kami tulis, tergantung desain yang Anda buat.

Pay Per Day

Jenis iklan ini hampir mengadopsi sistem iklan konvensional. Yakni, membayar sesuai kontrak harian. Tidak peduli berapa view dan klik yang terjadi. Jika Anda hanya perlu tayang 1 hari, maka hanya dalam 1 hari itu saja Anda diwajibkan membayar biaya iklan. Harganya pun variatif.

Laporan Harian Iklan

Ya. Dalam Advertising online atau Advertising Digital yang sebenarnya, Anda bisa mengetahui jumlah klik dan view khusus iklan Anda dalam setiap harinya. Dari laporan ini, sebagai pengiklan tentunya Anda bisa membuat perencanaan atau mencari strategi baru. Misal, iklan Anda sudah 1000 view, kenapa tidak ada yang menghubungi Anda? Sudah Ratusan klik, tapi kenapa tidak ada pembelian di toko online Anda?

Pertanyaan tersebut akan timbul jika kita mendapatkan laporan harian untuk bahan analisa. Akhirnya, manakah yang paling cocok untuk Anda? Setiap orang tentunya memiliki strategi masing-masing. Semua akan menjadi cocok di tangan orang yang tepat dan menguasai strategi marketing digital dalam menangani manajemen kampanye iklan.

Apakah Anda memiliki budget promosi dan perlu bantuan? Silakan hubungi Banaran Agency.

Hubungi Sekarang

Banaran Agency

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *