Meski Berbayar, Pengurusan SKHPN di BNNK Banjarbaru Lebih Mudah dan Lengkap

  • Whatsapp
Meski Berbayar, Pengurusan SKHPN di BNNK Banjarbaru Lebih Mudah dan Lengkap

SUDAH lebih dari 100 Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkoba (SKHPN) yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK) Banjarbaru dalam 3 bulan terakhir.

Pengurusan SKHPN kini mengalami perubahan, yang awalnya gratis menjadi berbayar sebesar 290 ribu rupiah.

Read More

“Sejak tanggal 1 september 2020 di BNNK Banjarbaru khususnya sudah diberlakukan PNBP berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2020 tentang jenis dan tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Badan Narkotika Nasional,” AKBP Husni Thamrin selaku Kepala BNNK Banjarbaru menjelaskan, (19/11/2020).

Lebih lanjut Husni Thamrin menjelaskan, biaya yang harus dikeluarkan oleh pemohon tersebut, akan langsung disetorkan sesuai dengan jumlah surat yang diterbitkan setiap harinya di atas pukul 12.00 siang untuk masuk kas Negara.

“Sampai akhir Oktober 2020 yang lalu sudah 97 SKHPN di terbitkan, 30 di antaranya menggunakan anggaran pusat, 67 lainnya menggunakan anggaran BNNK Banjarbaru sendiri setelah melalui tahapan revisi anggaran, sementara awal Nopember sampai sekarang sudah ada penambahan sebanyak 11 SKHPN yang diterbitkan, meski demikian proses layanan SKHPN masih berjalan dan ada kemungkinan penerbitan SKHPN akan bertambah,” tambah Husni Thamrin.

Ia juga mengatakan, proses pengurusan SKHPN di BNNK Banjarbaru terbilang cepat dan mudah.

“Pemohon cukup datang dengan membawa foto kopi KTP lalu mengisi formulir, sementara tahapan test urine bisa langsung ditunggu hasilnya hari itu juga,” Ujarnya.

Banyaknya pemohon SKHPN ini dipengaruhi oleh seleksi kelulusan CPNS yang beberapa waktu lalu diadakan. Selain itu, pemohon SKHPN juga di lakukan oleh kalangan swasta untuk kepentingan pekerjaan.

“Bukan hanya dari warga kota Banjarbaru saja, masyarakat Kabupaten Banjar juga mengajukan SKHPN di tempat kami,” tegasnya.

Sementara itu, Dr. Daryl Alfitri, yang menangani proses SKHPN di BNNK Banjarbaru, menambahkan bahwa BNNK Banjarbaru kini sudah menggunakan alat yang mampu mengidentifikasi berdasarkan 7 parameter, yang sebelumnya hanya 6 parameter.

“Selain kemudahan prosesnya, parameter yang lebih lengkap inilah yang diakui warga saat ditanya, kenapa mengurus SKHPN di BNNK Banjarbaru,” tutupnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *