Museum Lambung Mangkurat Akan Gelar Festival Musik Panting

  • Whatsapp
Museum Lambung Mangkurat Akan Gelar Festival Musik Panting
Museum Lambung Mangkurat Akan Gelar Festival Musik Panting

MUSEUM Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menggelar Festival Musik Panting 2020 pada 29-30 Oktober mendatang.

Festival ini dilaksanakan dalam rangka melestarikan dan menggali potensi masyarakat Kalsel di bidang musik tradisional, yaitu Musik Panting.

Read More

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Museum Lambung Mangkurat, H. Abdul Rahim, salah satu tujuan dari festival ini adalah untuk mendekatkan para seniman panting dengan Museum Lambung Mangkurat.

“Mengingat di museum banyak koleksi yang berhubungan dengan alat musik panting, sehingga lomba ini merupakan bentuk aktualisasi koleksi museum lambung mangkurat,” ucapnya, Rabu (21/10/2020).

Untuk pendanaan, sambungnya, sepenuhnya dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Museum dan Taman Budaya Tahun 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Nantinya, setiap juara terbaik akan mendapatkan uang pembinaan, piala dan piagam,” terang Abdul Rahim.

Ia menjelaskan, Festival Musik Panting ini bersifat umum dan bisa diikuti oleh semua grup musik panting seluruh Kalsel. Dengan peserta maksimal hanya 15 grup.

“Karena saat ini kita masih menghadapi pandemi Covid-19, tentunya penyelenggaraannya harus sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 dan ini sifatnya wajib,” terang Plt Kepala Musem Lambung Mangkurat.

Dalam lomba tersebut, peserta diwajibkan membawakan satu lagu wajib dan satu lagu pilihan yang telah disediakan oleh panitia.

Adapun lagu wajib yaitu, Musik Panting (AW. Sarbaini), Guna-guna Nikitak (AW. Sarbaini) dan Paris Tangkawang (NN).

Untuk lagu pilihan, Hincang-hincang (AW. Sarbaini), Karindangan (Yurnipani), Menuntun Wayang (A. Ardiansyah) dan Badundang Ligun (Hamidan AC).

Untuk pendaftaran sendiri dimulai pada tanggal 16 Oktober dan ditutup pada saat Technical Meeting yakni pada 23 Oktober atau pada saat kouta peserta telah maksimal.

Untuk pendaftaran, silakan menghubungi panitia dengan nomor yang tertera di bawah.

– 0853 8717 0518 (Anisa)
– 0857 8704 7643 (Ega Wardhani)

(hum)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment