Museum Lambung Mangkurat Tidak Hanya Tentang Fosil

  • Whatsapp
Museum Lambung Mangkurat Tidak Hanya Tentang Fosil

MUSEUM LAMBUNG MANGKURAT selama ini dikenal sebagai tempat menyimpan benda sejarah seperti alat perjuangan, benda purbakala, baju adat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Museum yang berada di Jl. Ahmad Yani KM 32 Banjarbaru ini merupakan salah satu museum yang dimiliki oleh Provinsi kalimantan selatan, Museum Lambung Mangkurat memiliki koleksi peninggalan sejarah yang usianya ratusan hingga ribuan tahun.

Read More

Namun selain peninggalan sejarah seperti alat perang, museum juga memiliki koleksi buku langka yang terdapat di ruang perpustakaan Museum Lambung Mangkurat itu sendiri.

Hal ini dituturkan oleh salah satu peserta dalam acara Orientasi Permuseuman Bersama Wartawan Kalsel di Auditorium Museum Lambung Mangkurat, Harie Insani Putra, selasa (27/10/2020), menurutnya beberapa koleksi perpustakaan di Museum sangat langka dan tidak ditemukan di perpustakaan-perpustakaan lain.

“Perpustakaan Museum Lambung Mangkurat harus lebih dikenalkan ke publik, agar Museum tidak hanya dikenal sebagai tempat menyimpan benda-benda sejarah,” tegas sastrawan kalsel itu.

Di kesempatan yang sama, salah satu petugas Ruang Perpustakaan, Pak Usup, mengakui adanya kekurangan fasilitas di ruang perpustakaan sehingga pengunjung merasa kurang nyaman dan tidak betah berada di ruangan tersebut.

“Kami sudah beberapa kali mengusulkan perbaikan namun belum terealisasi hingga sekarang,” ucapnya.

Keberadaan Museum ini sangat disayangkan kalau tidak menjadi tujuan utama sebagai destinasi, itulah kenapa Museum Lambung Mangkurat melakukan inovasi-inovasi agar lebih dikenal oleh masyarakat secara luas. Selain itu, Museum lambung Mangkurat, lewat acara Orientasi Permuseuman Bersama Wartawan Kalsel, juga merangkul para awak media untuk ikut serta membantu melakukan publikasi baik kegiatan atau koleksi yang ada di museum selama ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *