Nenek Amah, Lansia di Pengungsian Demang Lehman Rindu Minum Kopi

  • Whatsapp
Lansia di Pengungsian Demang Lehman Kabupaten Banjar

Berbeda dari pengungsi lainnya, Nenek Amah, seorang lansia yang menurut penuturan anaknya berusia lebih 100 tahun itu tidak mencari selimut atau makanan, justru ia memerlukan segelas kopi hangat.

Saat BanaranMedia.com memantau kondisi pengungsi di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan, Nenek Amah terlihat sedang duduk di pojok ruang pengungsian. Nini Amah adalah seorang lansia dari Labuan Tabu Kecamatan Martapura. Tak dapat dipastikan berapa usianya, Halim putranya itu hanya menyebutkan lebih dari 100 tahun, sementara ia sendiri sudah berusia 65 tahun, Kamis (14/1/2021).

Read More

Usia lebih dari satu abad itu membuat Nenek Amah saat ini memiliki keterbatasan pendengaran dan tidak lancar berkomunikasi. Saat ditemui, kondisinya pun cukup memprihatinkan. Wajah nenek Amah tampak pucat dan harus dibopong karena tidak kuat berjalan lagi. Di pengungsian tersebut, Nenek Amah telah mendapat perawatan para tenaga medis untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Di hari pertamanya berada di pengungsian, satu hal yang selalu dicari Nenek Amah adalah segelas air kopi. Ia bahkan tak begitu memedulikan tubuhnya yang kedinginan,

“Dia suka ngopi dan kalau di rumah terbiasa membikin kopi sendiri,” ungkap Halim menceritakan kebiasaan ibunya tersebut. Tak heran, saat berada di pengungsian, minum kopi menjadi prioritas Nenek Amah. Mengetahui kebiasaan itu, Halim pun bergegas menyeduhkan kopi untuk ibunya.

Sekadar untuk diketahui, Nenek Amah berasal dari Desa Labuan Tabu. Yakni merupakan nama Kecamatan di Martapura Kota yang turut terdampak banjir.

Desa Labuan Tabu berdiri tahun 1979, semula bernama Pelabuhan Tabu (tebu) karena tempat penambatan atau pelabuhan perahu pengangkut tebu.

Di tahun 1983 atas kesepakatan bersama warga, namanya diubah lebih singkat menjadi Labuan Tabu hingga sekarang. Dengan luas sekitar 358 hektare, jumlah penduduknya sudah lebih dari 1.500 jiwa.

Desa Labuan Tabu berbatasan Desa Bincau Kecamatan Martapura Kota di bagian barat., Desa Pingaran Kecamatan Astambul di bagian utara, Desa Jingah Habang Kecamatan Karang Intan untuk timur, dan Kelurahan Sungai Ulin Kota Banjarbaru di bagian selatan. (rif/hip)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *