Netizen Serbu Akun Instagram PLN, Protes Tagihan Listrik Melonjak

  • Whatsapp
Netizen Serbu Akun Instagram PLN, Protes Tagihan Listrik Melonjak

Netizen Serbu Akun Instagram PLN, Protes Tagihan Listrik Melonjak. Siapa yang mengira saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung, PLN ternyata memberlakukan tagihan rekening listrik bulan April dan Mei menggunakan perhitungan rata-rata pada tiga bulan sebelumnya. Akibatnya, banyak warga mengeluhkan lonjakan tagihan listrik yang terjadi pada bulan Juni.

Keputusan melakukan perhitungan rata-rata dari 3 bulan sebelumnya disebabkan karena ketika PSBB berlangsung, petugas PLN tidak dapat melakukan pencatatan KWh meter ke rumahpelanggan secara langsung. Setidaknya, itulah alasan pihak PLN menjawab berbagai aksi protes yang terjadi di sejumlah daerah.

Read More

Untuk meredam aksi protes tersebut, sekaligus melindungi pelanggan rumah tangga yang tagihan listriknya melonjak pada bulan Juni, pihak PLN telah merilis skema penghitungan tagihan. Serderhananya, skema tersebut mengatur pembayaran tagihan dengan mencicil selama tiga bulan mendatang.

Jika tagihan bulan Juni melonjak lebih dari 20% maka kenaikannya akan dibayar sebesar 40%, dan sisanya dibagi rata dalam tagihan tiga bulan ke depan. PLN berharap, skema tersebut dapat mengurangi keterkejutan pelanggan yang tagihannya meningkat tajam.

Meski demikian, tak sedikit pihak yang merasa heran dan tak puas dengan layanan PT Perusahaan Listrik Negara tersebut. Dari penelusuran banaranmedia.com, ribuan komentar protes memenuhi post akun IG PLN, yakni @pln_id

Mereka mengkritik kebijakan PLN terkait skema untuk menghindari lonjakan tagihan. Sebagian yang lain mempertanyakan lonjakan tagihan yang tinggi sementara pemakaian normal bahkan ada yang sangat minim, namun tetap melonjak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *