Pasca Banjir Kalsel, Banyak Sepeda Motor Mogok, Begini Tipsnya

  • Whatsapp
Sepeda Motor Mogok Saat Banjir

Pernahkah melihat para pengendara motor mendorong motornya saat banjir? Nah, musibah banjir tentunya berdampak bagi pemilik kendaraan bermotor roda dua. Dari pantauan BanaranMedia.com di salah satu bengkel di Martapura, banyak roda dua antri untuk diperbaiki. Berikut kisah dan tipsnya.

Menurut pengakuan pemilik Bengkel Motor Berkat Sidin di Jalan Tanjung Rema Martapura, Said Ahmad, sejak hari pertama dan kedua terjadinya musibah banjir di Kabupaten Banjar, Martapura, ia menerima sekitar 30 unit sepeda motor dengan keluhan sama.

Read More

Sepeda motor mengalami kerusakan karena mesin kemasukan air. Sepeda motor mati mendadak setelah dipaksa melintasi banjir atau ketika ketinggian air melebihi mesin.

Tidak hanya sepeda motor jenis matic tapi bebek juga tak bisa dipaksakan melewati genangan air. Sebab, kalau sudah mogok justru akan memperparah kerusakan pada mesin sepeda motor.

Said Ahmad menyebutkan, pernah ia membuka bengkel sepeda motornya sekitar pukul 16.00 Wita atau menjelang sore. Ternyata sudah banyak pemilik sepeda motor antri minta diperbaiki.

“Ada sekitar 15 unit sepeda motor yang diperbaiki, padahal baru buka,” imbuhnya, Senin 25 Januari 2021.

Di bengkel itu sendiri ia mempekerjakan tiga orang montir sepeda motor. Namun, masih saja kewalahan menerima perbaikan dengan permasalahan kerusakan yang sama. Mogok karena kemasukan air.

“Kasihan melihat tiga montir kewalahan memperbaiki. Kami sempat menolak sekitar 15 sepeda motor,” katanya.

Bengkel Motor Laris Akibat Banjir

Menurut seorang pekerjanya, Yuli bahwa sepeda motor mengalami mogok dan tak bisa distarter. Setelah melintasi air. Maka, penyebab utamanya air sudah masuk ke dalam mesin.

“Sebaiknya tidak usah memaksakan diri melintasi genangan air bila tidak memungkinkan. Kalau mogok dan dipaksakan juga bisa semakin parah kerusakannya,” ucapnya menyarankan.

Yuli pun memberikan tips mengantisipasi sepeda motor yang mogok di tengah banjir. Hendaknya tidak panik, lalu cek busi dan keringkan. Lakukan pengecekan filter karburator maupun knalpot.

“Hidupkan dan panaskan dulu mesin sepeda motor, tunggu sampai mesin panas barulah jalankan,” ungkapnya. (hip)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *