Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM yang Ingin Naik Kelas

  • Whatsapp
Pentingnya Legalitas Usaha bagi UMKM yang Ingin Naik Kelas
Ilustrasi | Net

Keberadaan UMKM telah sejak lama menjadi penggerak roda ekonomi bangsa Indonesia. Selain membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja, UMKM juga sudah sering menjadi pahlawan ekonomi. Terbukti dengan saat Indonesia mengalami masa-masa krisis ekonomi pada tahun 1998 silam, UMKM menjadi salah satu sektor yang tidak mengalami kemunduran dan justru terus berkembang hingga sekarang.

Agar usaha Anda berjalan dengan baik dan memiliki legalitas yang jelas. Tentu perlu adanya perizinan yang resmi dari pemerintah. Dewasa ini, banyak pelaku UMKM yang mengesampingkan hal yang satu ini. Kebanyakan dari mereka, berpendapat perizinan hanya diperlukan oleh usaha yang sudah bergerak dalam skala besar saja. Selain itu, masih banyak juga yang berpikir bahwa mengurus izin usaha adalah hal yang rumit dan memakan banyak waktu.

Read More

Urusan perizinan saat ini tidak seruwet dulu; tetapi tetap ada beberapa hal yang perlu dicermati oleh setiap pelaku usaha terkait upaya untuk mengurusnya dan implikasi setelah itu. Jadi bagi teman-teman yang mau mulai usaha, ada baiknya di tahap awal fokus pada menguji apakah ide/produk yang ingin kamu jual sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pasar. Hal ini karena pada beberapa contoh umum, pelaku usaha sangat jarang langsung sukses di percobaan pertama. Kesiapan kita sebagai wirausaha juga nanti bisa lebih terlihat, apakah kita menjadi kapok mulai usaha lagi setelah gagal, atau justru penasaran dan segera bangkit lagi dengan versi perbaikan atas suatu ide/produk yang sama, atau mencoba ide/produk baru.

Beberapa manfaat izin usaha bagi UMKM

1. Menjadi badan usaha yang lebih kredibel (lebih mudah dipercaya oleh berbagai pihak).
Kalau belum punya izin lalu ke bank, mungkin hanya bisa akses pinjaman sampai Rp 20 juta. Sementara untuk buka cabang baru, misalnya, kita butuh Rp 150 juta. Untuk jumlah tersebut bank biasanya minta kelengkapan perizinan, sesederhana Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) atau Surat Keterangan Usaha, atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), atau Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Restoran. Dalam dunia investasi, kalau pinjam ke teman atau keluarga sebesar5-10juta, mungkin tidak apa-apa meminjam secara lisan saja. Tapi kalau sudah pinjam 100 juta ke atas, hampir pasti akan diminta hitung-hitungan. Dan sebagian akan ada yang meminta pegangan, misalnya berkas asli izin usahanya disimpan di pemberi pinjaman, atau kalau punya mobil, BPKP mobil biasanya ditahan. Hal ini karena yang memberi pinjaman mulai merasa perlu berhati-hati dan menekan resiko.

2. Memperluas akses-akses peluang pengembangan usaha.
Memiliki izin usaha juga akan memudahkan Anda dalam mengembangkan usaha Anda saat ini. Misalnya, Anda ingin bekerja sama dengan pengusaha yang lain.

Contohnya seorang teman yang bergerak di jasa percetakan, dulu sebelum ada peraturan vendor universitas harus punya NPWP, dia bisa dapat banyak pekerjaan. Begitu peraturan itu diterapkan, order langsung menurun, sehingga mau tidak mau, mengurus NPWP atas nama badan usaha.

3. Secara internal, menambah rasa percaya diri pemilik/pengelola usaha dalam memasarkan produk/layanannya.
Jangan anggap remeh dampak positif memiliki perizinan bagi internal tim. Contohnya, sebuah usaha Jus, setelah punya sertifikat halal MUI dan PIRT – pelaku usahanya semakin PD memperkenalkan produk ke banyak kalangan, bahkan menawarkannya ke selebriti sekali pun jadi PD. Contoh lainnya, seorang kerabat setelah punya PT, auranya meningkat, dia merasa lebih keren daripada penyedia jasa sejenis yang ada di Industri Kreatif (pasca produksi video). Dan ternyata memang iya, omzetnya tahun ini Insya Allah naik lebih dari 2 kali lipat, setelah mengurus PT dan izin di awal tahun ini.

4. Mendapatkan jaminan perlindungan hukum
Dengan memiliki izin usaha, Anda dapat menjalankan operasional bisnis Anda secara aman dan nyaman. Tidak perlu khawatir terhadap ancaman-ancaman lain yang kerap menimpa usaha yang tidak memiliki perizinan. Seperti penertiban maupun pembongkaran.

5. Membantu memudahkan pemasaran usaha
Baik dalam lingkup nasional maupun internasional atau juga memudahkan dalam melakukan ekspor dan impor produk, jika usaha yang dijalankan berupa barang.

6. Memperoleh pendampingan usaha dari pemerintah
Seringkali pemerintah mengadakan beberapa program pendampingan bagi para pelaku usaha kecil untuk mengajak mereka mengembangkan inovasi produk serta usahanya. Pendampingan ini bisa berupa workshop, seminar maupun penyuluhan langsung ke lokasi usaha.

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai pentingnya izin usaha bagi para pelaku UMKM. Dengan memilikinya, terdapat berbagai macam keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya. Selain itu, pemerintah juga sudah memberikan kemudahan dengan menurunkan pajak bagi para pengusaha yang semula 1 persen kini hanya 0,5 persen saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *