Perbedaan Pedagang dan Pegusaha, Begini Contohnya

  • Whatsapp
Perbedaan Pedagang dan Pegusaha, Begini Contohnya

Sekilas antara pedagang dan pengusaha memiliki arti yang sama. Yakni sama-sama mengupayakan untuk mendapatkan uang atau pendapatan setiap harinya. Namun jika kita ingin menelusuri lebih jauh, ada perbedaan pola kerja antara pedagang dan pengusaha. Apakah itu?

Orientasi pedagang bisa dikatakan sangat sederhana. Mendatangkan uang/pendapatan setiap hari dan bisa dikerjakan sendiri. Berbeda dengan pengusaha yang lebih menekankan membangun sistem, perencanaan dan manajemen.

Read More

Sekadar mengambil contoh, misalnya pedagang Es Buah, dia hanya cukup memikirkan mendapatkan distribusi bahan baku yang akan diolahnya menjadi es buah lalu memasarkannya.

Ritme kerja dan aktifitas pedagang es buah akan cenderung monoton. Fokusnya adalah secepat mungkin mengolah Es Buah agar bisa segera dipasarkan. Perencanaan lebih ke jangka pendek, tentang bagaimana agar hari ini laku agar bisa berjualan kembali esok hari. Bahkan, hampir-hampir tidak memedulikan brand.

Mengambil contoh di atas, seorang pedagang Es Buah bisa menjadi seorang pengusaha Es Buah apabila dia berpikir untuk membangun sistem, perencanaan dan manajemen. Contohnya adalah, anggap saja kualitas rasa es buahnya sudah terjamin enak, dia pun menyiapkan perencanaan agar nama Brand Es Buahnya selalu diingat dan dicari orang lain.

Brand yang kuat sangat penting bagi pengusaha. Dengan brand yang kuat, ia bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Rasa Es Buah yang enak ditambah brand yang kuat, akan memudahkan si pengusaha tadi untuk membuka cabang. Lalu dia membangun sistem agar setiap cabang laris manis. Untuk mewujudkan itu, si pengusaha tidak bekerja sendirian, dia memerlukan kerjasama tim. Melibatkan orang lain dalam usaha Es Buahnya agar bisa menghasilkan uang yang lebih banyak.

Rencana demi rencana kemudian disusun, seorang pengusaha bahkan tidak lagi mengurusi olahan es buahnya sendiri, justru lebih kepada manajemen agar usaha Es Buahnya berjalan sesuai perencanaan.

Ritme kerja seorang pengusaha cenderung dinamis. Dia memiliki perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang yang ingin dicapainya.

Demikian ilustrasi singkat tentang perbedaan pedagang dan pengusaha. Seorang pedagang jika ingin berkembang, dia harus naik level menjadi seorang pengusaha seperti yang digambarkan di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *