Propolis, Fakta dan Manfaatnya untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Propolis, Fakta dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Propolis, dari zaman kuno hingga sekarang, dipakai manusia untuk obat  herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Tapi, apa sih propolis itu? Sejenis resep makanan kah?

Apa itu propolis?

Propolis, ternyata nih ya, merupakan senyawa lengket berwarna coklat kehijauan yang dihasilkan oleh lebah. Jadi, untuk kamu ketahui saja, lebah itu gak cuma menghasilkan madu doang loh selama hidupnya.

Read More

Propolis yang berbentuk semacam getah yang dikumpulkan lebah madu dari pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya itu sendiri dipakai lebah untuk menutupi atau memperbaiki celah pada sarangnya.

Fakta dan Kandungan Propolis

Sejak tahun 350 SM hingga kini, propolis dipercaya sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Masyarakat Yunani kuno menggunakan propolis sebagai obat bisul atau abses.

Sementara masyarakat negara lain memanfaatkan propolis untuk menangkal infeksi dan membantu proses penyembuhan saat luka atau bahkan untuk mengatasi tumor.

Propolis mengandung lebih dari 300 senyawa kimia.

Kandungan terbanyak adalah senyawa polifenol yang bertugas sebagai antioksidan untuk mengatasi kerusakan dan penyakit di dalam tubuh. Salah satu senyawa polifenol ialah flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Namun, komposisi propolis tidak selalu sama di seluruh dunia. Sebab, kandungan propolis sangat ditentukan oleh lokasi lebah, serta jenis pohon dan tumbuhan di suatu negara. Alasan inilah yang membuat para ahli cukup kesulitan dalam menyimpulkan manfaat propolis bagi kesehatan.

Manfaat Propolis

Propolis mengandung senyawa bernama pinocembrin yang bekerja sebagai antijamur.

Kandungan antibakteri dan antimikroba inilah yang disebut bisa mempercepat penyembuhan luka.

Jika kita memiliki luka dan secara rutin mengoleskan salep yang mengandung propolis (kandungan propolisnya di atas tiga persen), ini bisa membantu mempercepat waktu penyembuhan.

Dalam sebuah penelitian, propolis bisa menyembuhkan luka seperti herpes di sekitar bibir atau cold sore.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa propolis bisa mencegah sel kanker berkembang biak, mengurangi kemungkinan sel lain menjadi sel kanker, serta mencegah sel kanker saling mengirimkan sinyal satu sama lain.

Selain itu, propolis juga bisa mengobati;

  • Infeksi, peradangan, dan luka.
  • Sariawan dan candidiasis mulut.
  • Infeksi bakteri Heliobacter pylori.
  • Infeksi saluran pernapasan atas.
  • Giardiasis atau infeksi usus.
  • Kanker tenggorokan dan kanker hidung.
  • Tuberkulosis
  • Vaginitis
  • Luka bakar ringan.

 

Itulah fakta dan manfaat propolis bagi tubuh, jika kamu tertarik mencoba propolis, atau bahkan sudah pernah mencoba dan membuktikan berjuta manfaatnya, kamu bisa klik di sini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *