Resep Kerupuk Amplang, Jajanan Khas Kalimantan yang Bikin Ketagihan

  • Whatsapp
Resep Kerupuk Amplang, Jajanan Khas Kalimantan yang Bikin Ketagihan

Kerupuk Amplang. Siapa yang tidak mengenal jajanan satu ini. Gurih, renyah, dan enak. Terbuat dari campuran tapioka, bumbu rempah, serta daging ikan sungai membuat rasanya begitu khas. Bayangkan saja bagaimana gurihnya amplang ketika masuk ke mulut, kriuk-kriuk-nya ketika kamu gigit. Ough. Menggiurkan.

Amplang terbuat dari daging ikan yang digiling halus dengan campuran tepung sagu. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri, gabus (haruan), atau ikan pipih. Setiap jenis ikan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan pipih karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan.

Read More

Proses pembuatannya tidak begitu sulit, tetapi sentuhan yang berbeda dari setiap pebuatnya menciptakan kekhasan tersendiri dari setiap produsen.

Jika kamu ingin membuat kerupuk amplang ikan sendiri, berikut kami tuliskan cara membuatnya untuk kamu.

  • Pertama siapkan 1 Kg Daging Ikan Tenggiri/ gabus/ pipih. 2 kg Tepung Tapioka. Air 750 ml. 4/5 ons Garam. Bumbu penyedap secukupnya. 5 siung Bawang Putih serta minyak goreng.
  • Kedua haluskan atau giling daging ikan yang sudah kamu siapkan.
  • Setelah itu campurkan daging ikan yang sudah kamu haluskan tadi dengan tepung, air, garam serta penyedap yang kamu inginkan. Kemudian aduk semua bahan tadi secara merata.
  • Bentuk adonan di atas dengan bentuk memanjang atau sesuai keinginan kamu.
  • Potong adonan yang sudah kamu bentuk tadi sesuai keinginan.
  • Kemudian goreng kerupuk yang sudah kamu potong tadi dalam minyak yang panas dan banyak selama 30 menit hingga kerupuk mengering dan mengapung. Untuk menghindari gosong atau hangus, sebaiknya kamu terus mengaduknya ketika anda sedang menggoreng agar terhindar dari gosong.
  • Angkat kerupuk amplang yang sudah kamu goreng tadi dan tiriskan hingga kering dan tidak tersisa minyak agar nantinya bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.
  • Amplang sudah siap untuk dihidangkan atau dikemas.

Untuk catatan, amplang enak ditentukan bahan utama yang kamu siapkan, daging harus merupakan ikan segar agar aromanya tidak amis atau malah busuk. Atau, jika kamu malas, kamu bisa kok memesan ke produsennya langsung dengan mengklik gambar di bawah ini ckckck

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *