Sri Mulyani; Gaji ke -13 PNS Cair Agustus, Kecuali Eselon I dan II

  • Whatsapp
Sri Mulyani Gaji ke 13 PNS 2020 Cari Agustus

Mungkin banyak yang bertanya, kapan gaji ke -13 PNS cair? Kepastian Gaji ke-13 tahun 2020 merujuk pernyataan Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetap akan mendapat jatah gaji ke-13 pada tahun ini.

Dari beberapa sumber pemberitaan, Yustinus sempat menyampaikan proses pembayarannya akan dilakukan pada akhir kuartal IV tahun ini, atau sekitar November-Desember 2020.

Read More

Namun, pernyataan terbaru datang dari menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, pemerintah akan mencairkan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Agustus mendatang.

“Pembayaran gaji ke-13 direncanakan Agustus 2020 dan pelaksanaan ini akan segera mengeluarkan revisi dari regulasi-regulasi yang ada,” ujar Sri Mulyani melalui siaran youtube Kemenkeu, Jakarta, Selasa, 21-7-2020.

Menurut Sri Mulyani, gaji ke-13 sebenarnya sudah dianggarkan dalam APBN 2020. Namun dalam pelaksanaannya sempat mengalami banyak perubahan akibat Covid-19.

“Terutama belanja negara, di mana banyak tambahan anggaran yang muncul untuk penanganan Covid-19 dan pemberian bansos dan pemulihan ekonomi. Sehingga pemerintah melakukan pengelolaan dalam APBN agar betul-betul fokus menangani Covid-19 dan dampaknya ke sosial dan ekonomi,” jelasnya.

Dia menambahkan, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp28,5 triliun untuk pencairan gaji ke-13 tersebut. Sementara rinciannya masing masing terdiri dari gaji ASN pusat, pensiunan dan ASN daerah.

“Terdiri dari APBN ASN untuk gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji ASN pusat adalah Rp6,73 triliun. Sedangkan untuk pensiun gaji ke-13 anggarannya Rp7,86 triliun. Untuk pembayaran ASN daerah melalui APBD adalah Rp13,89 triliun. Sehingga total untuk pembayaran gaji ke-13 adalah Rp28,5 triliun,” ungkapnya.

Tahun ini, Eselon I dan II Tak Terima Gaji ke-13

Sri Mulyani menambahkan, seperti halnya Tunjangan Hari Raya (THR), gaji ke-13 tidak diberikan kepada pejabat negara eselon I dan II serta pejabat setingkat golongan tersebut.

“Untuk kebijakan gaji dan pensiunan ke-13 kami melaksanakan dengan memperhatikan kebijakan THR yang sudah dilakukan pada Mei lalu yaitu tidak diberikan kepada pejabat negara, pejabat eselon I, eselon II dan pejabat setingkat mereka,” ujarnya.

Dia mengatakan, seluruh ASN di luar golongan tersebut nantinya akan mendapat gaji ke-13. “Namun gaji ke-13 diberikan kepada seluruh ASN, TNI, Polri yang berada tidak masuk dalam kategori tersebut,” jelasnya. (hip)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *