Tau Gak Sih, Luka Pasca Operasi Bisa Sirna dengan Ikan Haruan Loh!

  • Whatsapp
Tau Gak Sih, Luka Pasca Operasi Bisa Sirna dengan Ikan Haruan loh
Tau Gak Sih, Luka Pasca Operasi Bisa Sirna dengan Ikan Haruan loh

IKAN Haruan atau dikenal juga ikan gabus merupakan ikan tawar yang memiliki rasa yang tak kalah lezat dari ikan lainnya. Walaupun kalah populer dengan ikan tuna maupun salmon, ikan gabus atau channa striata memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi.

Hampir mirip dengan Ikan Tauman, Ikan Haruan ternyata berkhasiat sebagai Recovery pasca operasi bedah seperti proses melahirkan dengan tindakan Secar.

Read More

Selain itu, kandungan protein ikan haruan sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0%, ikan mas 16,0%, ikan kakap 20,0%, ataupun ikan nila sebesar 21,1%.

Manfaat Ikan Haruan

Mempercepat penyembuhan luka

Seperti yang dilansir hellosehat berdasarkan suatu penelitian, asam amino pada gabus memicu produksi kolagen yang dapat meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit. Dibantu dengan adanya kandungan glisin, asam arakidonat dan asam lemak, ikan gabus terbukti dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Konsumsi ikan gabus secara rutin dan teratur juga dapat memberikan efek antinyeri. Pada suatu penelitian dikatakan bahwa ikan gabus memiliki kandungan yang dapat meningkatkan efek antinosiseptif. Efek tersebut mampu meringankan rasa nyeri yang terjadi akibat adanya luka.

Tidak hanya sebatas itu, obat anti-nyeri yang dikombinasikan dengan konsumsi ikan gabus juga memberikan efek yang lebih maksimal. Studi mengatakan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus dapat mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan pasien usai operasi.

Terbukti sudah bahwa ikan gabus memang mampu mempercepat penyembuhan luka. Ikan ini bahkan bisa memberikan manfaat yang lebih banyak lagi apabila dikonsumsi secara rutin, teratur dan pada porsi yang sesuai.

Lancarkan Sistem Pencernaan

Ikan Haruan atau gabus mempunyai struktur daging yang lebih empuk, sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan. Hal ini karena ikan tersebut memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging. Ikan ini hanya memiliki 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.

Memperkuat pertumbuhan otot

Manfaat lain dari ikan ini adalah berlaku pada otot mu. Ikan ini mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas atau nila. Dari 100 gram ikan gabus anda dapat memperolah 25,2 gram protein.

Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan kamu sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh kamu. Terutama saat kamu mengalami masalah pada otot.

Sebaran Ikan Haruan

Dilansir dari Wikipedia, Ikan haruan atau gabus merupakan ikan yang hidup di air tawar. Penyebaran ikan ini di mulai dari Pakistan di barat, Nepal bagian selatan, kebanyakan wilayah di India, Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok bagian selatan, dan sebagian besar wilayah di Asia Tenggara termasuk ke Indonesia.

Dikalimantan sendiri, ikan ini hidup dan berkembang pesat hampir di seluruh daerah yang ada dikalimantan, hingga masuk ke wilayah kalimantan selatan. Koltur daerah rawa yang berair tawar sangat cocok dengan ikan yang digelari sebagai predator mirip kepala ular ini.

Recovery Pasa Operasi Caesar

Rasa sakit yang muncul saat operasi caesar biasanya tidak sesakit proses melahirkan normal. Akan tetapi, rasa sakit tersebut bisa berbanding terbalik pasca operasi caesar.

Luka pasca operasi tersebut dapat cepat pulih dibantu dengan mengkonsumsi ikan haruan karena kandunganya tadi.

Cara mengolahnya pun sangat mudah dan sederhana, Ikan tersebut cukup direbus dengan tambahan bumbu dapur, seperti garam, gula dan sedekit penyedap rasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *