Tips Membuat Taman di Lahan Terbatas

  • Whatsapp
Tips Membuat Taman di Lahan Terbatas

Di masa pandemi covid-19, tamanan hias kembali menjadi tren di Indonesia, oleh karenanya membuat taman kecil di halaman rumah menjadi kesibukan yang digandrungi oleh banyak orang. Bukan hanya untuk membuat rumah tampak lebih indah dan sehat, membuat taman juga salah satu cara agar tak bosan selama tak boleh keluar dari rumah.

Tapi tahukah kamu, membuat taman di rumah tak mesti membutuhkan halamanĀ  selebar lapangan bola, loh. Meskipun luas halamanmu terbatas, kamu tetap bisa membuatnya tanpa takut rumah kamu terlihat seperti hutan rimba. Berikut kami bagikan tips-tips membuat taman kecil di halaman rumah terbatas. Cabs.

Read More

Desain taman sesuai fungsi dan keinginan

Yang pertama mesti diperhatikan untuk membuat taman di halamn terbatas adalah merencanakan desain taman agar sesuai dengan fungsi dan keinginan kamu. Apakah kamu ingin membuat taman beruba bunga atau malah tanaman berupa sayur dan bumbu dapur?

Di tahap ini, kamu juga harus membuat taman kamu enak dipandang, kalau baru direncanakan saja sudah tidak bagus, bagaimana pas udah selesai?

Idealnya, buatlah taman yang terpisah dengan jalan akses penghuni rumah agar mengurangi kemungkinan rusak, atau jika tak bisa, maka buatlah jalur khusus untuk pijakan kaki.

Tahap awal ini sangat penting agar kelak taman kecil kamu tidak terlihat berantakan dengan tanaman yang bercampur aduk.

Sesuaikan tanaman dengan lahan

Bahkan di ruangan paling sempit pun kalau kita jeli untuk melihat dan memaksimalkan, kita tetap bisa membuat taman kecil yang indah. Di tahap kedua ini, kamu diharuskan untuk menetapkan di mana lahan yang akan kamu jadikan taman di rumahmu: apakah di sudut halaman, jalan masuk, atau di samping rumah dengan cara membuat vertical garden?

Menentukan lahan taman ini berhubungan dengan pemilihan jenis tanaman yang kelak akan kamu letakkan di sana. Sebaiknya, agar tak terlihat sesak, pilihlah tanaman-tanaman berukuran kecil sampai sedang.

Gunakan model area rumput terbuka

Jangan letakkan tanaman apapun di tengah kecuali rumput seperti teki atau rumput gajah, sebab dengan menjadikan area rumput sebagai titik fokus tepat di tengah taman, kamu bisa membuatnya terlihat lebih lapang. Untuk tanaman hiasnya sendiri, letakkan di sekelilig area rumput.

Cara yang satu ini sangat berguna untuk membuat lahan sempit menjadi lebih luas dan lega.

Gunakan pot semen minimalis

Menanam tumbuhan langsung di tanah bisa menimbulkan kesan berantakan dan membuat ruang lebih sempit. Untuk mensiasati hal itu, buatlah pot semen menyesuaikan bentuk ruangan yang tersedia dan deretkan tanaman di sana.

Padukan tanaman dengan kerikil

Membuat halaman penuh dengan tanaman tak akan menjadikannya indah dan nyaman, tetapi justru terlihat berantakan. Untuk alasan itu, kamu harus lebih pintar mengatur komposisi tanaman yang menghiasi rumah kamu, salah satunya dengan menambah kerikil atau bebatuan agar memberi kesan rapi.

Tambahkan Elemen Air

Tips yang satu ini juga sangat berguna untuk taman yang kecil agar terlihat lebih segar. Syaratnya, jika menggunakan elemen air seperti membuat kolam dan air mancur kecil di lahan yang terbatas adalah dengan mengurangi banyak tanaman agar tak terlihat seperti hutan rimba beneran. Selain menambah kesan alami, menambah elemen air juga bisa memberi ketenangan bagi penghuni rumah dengan suara gemerciknya.

Taman minimalis vertikal

Jika benar-benar tak punya lahan kosong untuk dijadikan taman, kamu bisa mencoba membuat taman dengan cara vertikal. Dengan memanfaatkan lahan vertikal ini, kamu bisa membuat taman yang tak kalah cantik dengan taman biasa. Syaratnya hanya terletak di penataan dan pemilihan jenis tanaman yang kamu gunakan.

Untuk menambah keunikannya, kamu juga bisa memadukan taman vertikal itu dengan perabot yang juga vertikal seperti tempat duduk atau hiasan berupa mural dan kolase foto.

 

Ketujuh tips di atas membuktikan kamu bisa loh membuat taman dengan lahan sesempit apapun, yang penting kamu harus kreatif dalam memanfaatkan setiap space kosong, memilih tanaman yang cocok dan memadupadankannya dengan elemen-elemen lain. Selamat mencoba~

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *